Rabu, 25 November 2009 13:59 WIB Ekonomi,News Share :

Pemerintah ancam cabut Bakrie dari proyek Kalija

Jakarta–Pemerintah ancam pencabutan hak khusus untuk pembangunan pipanisasi Kalimantan-Jawa (Kalija) kepada PT Bakrie & Brothers Tbk pada tahun 2010. Jika tidak ada kemajuan dalam proses pembangunan pipa tersebut hingga tahun depan.

“Kalau sampai 2010 tidak jalan, mungkin akan kita putus. Karena¬† hak pemenang lelang itukan ada batas waktunya,” ujar Anggota Komite BPH Hanggono T Nugroho, di Gedung Departemen ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (25/11).

Hanggodo memaparkan, Bakrie sejak April 2006 telah memenangkan lelang pembangunan pipanisasi Kalija. Namun hingga hari ini pembangunan pipa 1.200 kilometer tersebut belum menunjukkan adanya kemajuan.

Menurut dia, hal itu terjadi karena belum adanya kepastian soal pasokan gas dan siapa yang akan membeli gas yang akan disalurkan melalui pipa tersebut.

“Kalau belum ada kepastian soal itu, perbankan tidak mungkin memberikan pinjaman. Bakrie kesulitan mendapatkan pinjaman sehingga tidak bisa dibangun,” ungkap dia.

Ditambahkannya pada waktu itu (tahun 2006), belum ada pembeli gas sebesar 1.000 mmscfd di pulau Jawa karena kebutuhan gas di Pulau tersebut belum mencapai angka tersebut.

dtc/tya

lowonga kerja
lowongan kerja penerbit duta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ketahanan Psikologis Mencegah Pelajar Bunuh Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/6/2017). Esai ini ditulis Ahmad Saifuddin, dosen di Institut Agama Islam Negeri Surakarta dan Sekretaris Lakpesdam PCNU Kabupaten Klaten. Alamat e-mail penulis adalah ahmad_saifuddin48@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (3/6/2017) saya terkejut ketika membaca Harian…