Membuat bakso enak dan lezat

Bahan-bahan dan bumbu

1 kg daging sapi giling
1 ons tepung kanji
6 siung bawang putih
1 senduk makan garam
½ senduk teh merica bubuk
penyedap rasa secukupnya
 
Cara pembuatan

1. Bawang putih dihaluskan.
2. Campurkan ke dalam adonan daging sapi segar giling bersama merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
3. Aduk atau uleni selama kurang lebih 10 menit sampai merata.
4. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulat-bulat dengan ukuran sesuai yang diinginkan menggunakan tangan . Namun, lebih baiknya ukurannya tidak terlalu besar agar proses pematangannya cepat dan merata.
5. Apabila ingin menambahkan isian berupa telur puyuh maupun urat, maka isikanlah bersamaan dengan saat mencetak bakso.
6. Panaskan air dalam panci atau dandang ukuran sedang untuk merebus bakso.
7. Setelah air mendidih, pada suhu air sekitar 70 derajat Celcius, masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat tersebut ke dalam air mendidih.
8. Sekitar tiga sampai lima menit kemudian, sebagian bakso akan terlihat mengambang di permukaan air dalam panci.
9. Angkatlah bakso yang sudah mengambang tersebut dan tiriskan.
10. Untuk penyajian, dalam tiap mangkuknya bisa dicampur dengan pelengkap bihun atau bakmi dengan kuah yang berasal dari rebusan skengkel atau kaki sapi.
11. Bakso siap dinikmati
 
Sumber: Bakso Mas Tris, Jl Honggowongso, depan Sami Luwes, Solo

m83

Editor: | dalam: Dapur Espos |

11 Komentar pada “Membuat bakso enak dan lezat”

  1. 7 Desember 2009 pukul 15:01

    uenak tenan……..maknyus jaya.

  2. 5 Agustus 2010 pukul 22:48

    Hallo,………
    Saya pengen tau cara membuat Bakso Daging sapi/ikan yg rasanya renyah.
    Bisakah membantu saya yg saat ini tengah menjalani usaha warung bakso.
    Dan satu lagi,Saya butuh info ttg cara pembuatan bakso goreng Yogya,Dimanakah saya bisa memperoleh info di atas..?
    Mohon bantuannya dan saya haturkan ribuan terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Tiwi74

  3. 18 Mei 2011 pukul 22:45

    Mau coba nih belajar bikin bakso yang enak dan kenyal sendiri.. Siapa tau bisa jadi pengusaha bakso. Terima kasih infonya ya :)

  4. 28 Juli 2011 pukul 23:43

    Resep baksonya sangat membantu.
    kalau di tambah pengenyal alami karagenan, baksonya pasti lebih kenyal dan sehat. karena karagenan terbuat dari rumput laut dan banyak mengandung serat alami yang dibutuhkan tubuh.
    info macam-macam pengenyal bisa dilihat di Bengkel Bakso.
    salam kenal
    pak gun
    Bengkel Bakso

    • Sana
      29 Agustus 2012 pukul 18:21

      , you’re cruel!!!!!! How could you do that to me??? Bakwan Malang and all?Oh and on that beef curry thing, they had this curry place that opened till late night in Japan. I orreedd mine with extra cheese . This sounds gross! But it was actually OK! Next time you cook it, put some shredded cheddar/mozarella. Don’t blame if the girls won’t eat it though!I have a posting request too Ivy, do you think you can write up a post/review about where to take toddlers/ balita in Jakarta? The last time I was there was July last year and I heard new places have come up (Kidzania, Kampung Maen(?)) I’ll look forward for it!

  5. sari
    11 September 2011 pukul 13:06

    kalau bikin bakso dalam gilingan daging tambah ayam enek engga yaa….

  6. sari
    11 September 2011 pukul 13:08

    kalau bikin bakso dalam gilingan daging tambah telor ayam enak engga yaa….

  7. nur
    13 November 2011 pukul 14:39

    kalo cara bikin kuahnya gimana ya, apa aja bumbunya…….

  8. jen
    5 Maret 2012 pukul 16:34

    bagaimana cara membuat kuah bakso yang enak maksih

    • Joud
      24 Agustus 2012 pukul 19:56

      halo daun ketumbar, salam kenal, good idea! kreiatf!, blh tanya ya: begitu dimasukkan bw merah,bw putih,macadamia butter,garem&merica, terus direbus lagi atau disaring dulu biar bening ke panci biasa (non pressure cooker) dan direbus lg brp lama? atau gimana apa langsung di panci pressure? supaya dapet kuah beningnya gmn?kalau bikin bakso (buletan dagingnya gmn?) beberapa kali coba, rasanya masih kurang, apa emang tepung sagunya harus banyak? thks ya, tlg balas, sesama di rantau dan bumbu bnyk ga lengkap di sini.

  9. Adam
    25 Agustus 2012 pukul 07:36

    waaah gede banget tuh bakso, belum penrah makan bakso segede gitu hebat deh tu bakso suetan nya

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »