Rabu, 25 November 2009 10:03 WIB Haji,Internasional Share :

Jelang wukuf, Calhaj mulai bergerak ke Arafah


Makkah–
Jamaah calon haji (Calhaj) dipastikan mulai hari Rabu ini bergerak ke Arafah untuk melakukan Wukuf pada Kamis (26/11) lusa. Seluruh jamaah asal Indonesia sendiri baru mulai bergerak ke Arafah setelah Sholat Dzuhur.

“Besok (Rabu) selepas dzuhur, jamaah akan diangkut dengan bus-bus secara bergantian menuju Arafah. Muasasah menyediakan 30 bus per maktab,” kata Kepala Satuan Operasi Arafah-Muzdalifah-Mina (Armina) PPIH, Abu Haris, di kantor Daerah Kerja Makkah, Selasa (24/11).

Menurut Abu Haris, dengan menggunakan sistem pengangkutan jamaah seperti itu, diharapkan semua jamah calon haji asal Indonesia sudah berada di Arafah pada malam harinya. Mereka akan ditempatkan di tenda-tenda kloter yang terdiri dari 70 Maktab, yang setiap maktabnya akan memuat antara 2.500 orang sampai 3.000 orang.

Sementara untuk mengantisipasi jamaah yang tertinggal, disiagakan petugas yang akan melakukan sweeping di Masjidil Haram dan pemondokannya. Mereka yang tertinggal itu akan ditempatkan dalam kendaraan rombongan petugas yang akan berangkat pada hari Kamis (25/11).

Bagi jamaah yang akan melakukan Tarwiyah (singgah semalam di Mina sebelum wukuf), para jamaah diminta untuk berkoordinasi langsung dengan petugas maktabnya agar mendapat sarana transportasi dan akomodasi.

“Tarwiyah merupakan amalan sunnah, hanya sebagian kecil jamaah kita yang melakukannya. Kami tidak mengatur pelaksanaan tarwiyah secara khusus,” ujar Abu Haris yang merupakan perwira menengah TNI ini.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…