Rabu, 25 November 2009 18:05 WIB News Share :

Jateng diprediksi krisis guru tahun 2014


Semarang (Espos)–
Jateng diprediksi mengalami krisis guru pada tahun 2014 menyusul tingginya jumlah pendidik yang memasuki masa pensiun. Kekurangam guru ini paling banyak terjadi di tingkat sekolah dasar.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, Drs Sunarto MPd, kepada Espos, Selasa (24/11), mengatakan rata-rata jumlah guru yang memasuki masa pensiun di Jateng tiap tahunnya mencapai 50.000 guru. Sebagian besar adalah guru SD yang dibentuk atas instruksi presiden (Inpres).

Sementara jumlah perekrutan CPNS untuk formasi tenaga teknis kependidikan tiap tahunnya tidak sebanding dengam jumlah PNS guru yang pensiun. Sehingga kekurangan ini tidak bisa tertutupi dalam perekrutan CPNS tahunan. Hal ini disebabkan kuota formasi perekrutan CPNS ditentukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Sunarto mengaku sudah melaporkan hal tersebut ke Men PAN melalu Badan Kepegawaian Daerah Jateng. Namun sejauh ini belum ada solusi konkret untuk mengatasi masalah tersebut.

kha

lowongan pekerjaan
PT. Astra International Tbk-isuzu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…