Rabu, 25 November 2009 09:45 WIB Ekonomi Share :

Indonesia siap jadi negara pengembang LNG

Jakarta–Indonesia berambisi ingin menjadi negara pertama yang  mengembangkan gas alam cair (Liquid Natural Gas/LNG) yang berasal dari Coal Bed Methane (CBM).

“Kami saat ini berupaya supaya Indonesia bisa menjadi penghasil pertama CBM to LNG,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Evita Herawati Legowo di Gedung Departemen ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (25/11).

Rencananya  LNG yang berasal CBM tersebut, lanjut Evita, akan dikirimkan ke seluruh pelosok tanah air untuk memenuhi kebutuhan gas dalam negeri. Pengiriman LNG tersebut akan dilakukan dengan menggunakan kapal-kapal kecil.

“Ini membuktikan kalau LNG itu tidak semuanya untuk diekspor,” ungkapnya.

Evita menyatakan  Indonesia memang memiliki cadangan CBM yang sangat besar yaitu mencapai 453,3 triliun cubic feet (Tcf) dengan total CBM basin sekitar 11 buah. Hingga dengan Agustus 2009, kontrak CBM yang sudah ditandatangani sekitar 15 CBM Kontrak Kerjasama (KKS).

“Minggu depan 5 kontrak CBM baru akan ditandatangani,” ungkapnya.

Dengan mulai dieksplorasinya wilayah-wilayah kerja CBM ini, Evita memperkirakan produksi CBM akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, produksi CBM mencapai 500 mmscfd, di tahun 2020 meningkat menjadi 900 mmscfd dan pada tahun 2025 produksi CBM mencapai 1.500 mmscfd.

“Kami memperkirakan produksi rata-rata per sumur sekitar 250 mmscfd,” kata dia.

Saat ditanya kapan pengembangan LNG dari CBM tersebut dapat terealisasi, Evita belum dapat memastikannya.

“Wah, nanti kalau disampaikan ramai dong. Kita lagi balapan dengan Australia,” tandas Evita.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…