Rabu, 25 November 2009 12:39 WIB Internasional Share :

25 juta orang di dunia meninggal karena HIV/AIDS

Shanghai–Setidaknya 25 juta orang di dunia telah meninggal akibat penyakit AIDS. Namun jumlah kasus-kasus infeksi baru HIV/AIDS secara tajam menurun.

Demikian laporan tahunan terbaru badan PBB, Joint UN Programme on HIV/AIDS (UNAIDS) seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (25/11).

Sekitar dua juta orang meninggal akibat penyakit AIDS pada tahun 2008. Sehingga total jumlah kematian akibat virus HIV tersebut mencapai 25 juta jiwa sejak virus tersebut pertama kali terdeteksi tiga dekade silam.

Sekitar 2,7 juta kasus baru AIDS dilaporkan pada tahun 2008 sehingga total penderita AIDS di dunia mencapai 33,4 juta jiwa. Angka tersebut naik dari 33 juta penderita AIDS pada tahun 2007 lalu.

Program-program pencegahan HIV yang gencar digalakkan telah berdampak signifikan.

Michel Sidibe, direktur eksekutif UNAIDS mengatakan, jumlah kasus baru infeksi virus HIV telah berkurang 17 persen dalam delapan tahun terakhir.

“Berita baiknya adalah kami punya bukti bahwa penurunan yang kita lihat ini sebagian dikarenakan pencegahan HIV,” pungkas Sidibe.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…