Selasa, 24 November 2009 17:21 WIB Women Share :

Tak repot ajak si kecil bepergian

Senangnya jalan-jalan santai dengan membawa si kecil. Bila bayi sudah cukup kuat, tak ada salahnya juga  bila ia diajak bepergian ke luar kota.

Tapi tunggu dulu, membawa bayi bepergian, tidak sesederhana yang dibayangkan. Ayah dan bunda harus siap menerima konsekuansi tambahan beban “peralatan perang” sang buah hati. Ada popok, baju ganti, diapers, susu, botol susu, handuk kecil, topi, jaket, minyak telon dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.

“Awalnya sih ribet, hanya sekadar membawa si kecil jalan-jalan ke mal saja, bawaannya seperti mau travelling keluar kota. Tapi kalau sudah begitu, kami bagi tugas, saya bawa bayinya lantas suami saya yang membawa tas bayi,” cerita Ovie, warga Mangkubumen, Solo.

Beruntung, di abad ke-21 ini, berbagai kemudahan bepergian sudah terakomodasi melalui perlengkapan travelling bagi bayi. Ada kereta dorong, yang memudahkan membawa si kecil tanpa mengeluarkan tenaga berlebih. Bukan hanya mudah dibawa dan dilipat, beberapa kereta dorong bahkan juga dilengkapi kantong penyimpan kebutuhan bayi.

Sayangnya, kereta dorong kurang fleksibel digunakan di lokasi yang padat dan ramai seperti pusat perbelanjaan. Untuk tempat seperti ini, gendongan bisa jadi pilihan tepat untuk membawa bayi.

Terdapat beberapa pilihan gendongan yang tersedia di pasaran. Ada gendongan konvensional dengan kain, ada pula gendongan yang sudah dilengkapi dengan topi dan bantal kecil untuk melindungi kepala bayi serta gendongan berbentuk ransel.

Dari ketiga jenis gendongan itu, gendongan berbentuk ransel paling nyaman bagi sang ibu, namun gendongan seperti ini baru bisa digunakan untuk bayi yang berumur lebih dari enam bulan. Pilihan lain membawa bayi bepergian, juga bisa dilakukan dengan menggunakan keranjang bayi yang nyaman lengkap dengan kelambu yang melindungi bayi.

Lantas bagaimana jika harus bepergian dengan mobil? Sebaiknya jangan mengambil risiko dengan mengandalkan safetybelt untuk keamanan buah hati Anda. Ingat safety belt yang tersedia hanya dirancang untuk penumpang dewasa. Mengapa tidak biarkan si kecil menikmati perjalanan di kursinya sendiri, yang bukan hanya nyaman tetapi juga aman untuk keselamatannya?

Berbagai model car seat khusus bayi kini tersedia di pasaran dengan berbagai desain dan warna. Pastikan car seat memiliki pengamanan sempurna seperti sabuk ganda yang mampu menahan tubuh bayi apabila mobil melakukan pengereman mendadak.

 

ewy

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…