Selasa, 24 November 2009 19:25 WIB Klaten Share :

Soal rekrutmen CPNS, Komisi I kecewa sikap Pemkab Klaten

Klaten (Espos)–Komisi I DPRD Klaten mengaku kecewa dengan sikap Pemkab setempat terkait pemanggilan Universitas Indonesia (UI) selaku lembaga penyelenggara rekrutmen CPNS 2009. Kekecewaan muncul lantaran Pemkab tak bisa menghadirkan UI yang notabene adalah pihak yang saat ini paling penting dalam proses rekrutmen CPNS.

“Ini bagaimana, yang punya garapan dan uangnya Pemkab, tapi kok tidak bisa mendatangkan UI? Pemkab menyerah dengan alasan UI repot sibuk. Kan kasihan masyarakat?” tandas Wakil Ketua Komisi I DPRD Klaten Yoyok Sugeng Riyanto kepada wartawan di Gedung Dewan, Selasa (24/11).

Kekecewaan itu muncul lantaran komisi ingin bertanya lebih jauh soal rekrutmen kepada pihak penyelenggara yakni UI. Legislatif bakal meminta kejelasan dari UI terkait mekanisme rekrutmen seperti pembuatan soal ujian, koreksi hingga penentuan kelulusannya. “Karena bagaimanapun juga, metodenya saat ini menggandeng pihak ketiga.

Bagaimanapun juga, rekrutmen CPNS pada tahun lalu, cukup sukses. Dan itu tanpa UI. Sekarang, kok pakai UI, ini juga menjadi ganjalan pertanyaan. Kenapa tidak bisa didatangkan, padahal pengumuman sudah jauh-jauh hari dilakukan? ,” urai dia.

Hal serupa juga disampaikan anggota Komisi I lainnya, M Agung Suryantoro. Menurut Agung, dengan adanya kejelasan mekanisme, maka kebocoran proses rekrutmen bisa diantisipasi sedini mungkin. “Perlu ada ketegasan standar penerimaan. Jangan bila kemudian formasinya kurang, lantas siapa saja yang mendaftar bisa lolos,” tandasnya.

Kasubbid Pengadaan dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten M Agus Salim, mengatakan, rapat kerja digelar untuk membahas soal rekrutmen CPNS. Namun, dia bungkam saat ditanya mengapa UI tidak bisa dihadirkan oleh jajaran eksekutif. Sementara soal pengiriman pengumuman lolosnya para pelamar pada tahap I, dilakukan hingga Selasa (24/11) kemarin. BKD jelasnya telah mengirim bagian berkas terakhir pengumuman tersebut.

Total pelamar yang lolos tahap pertama mencapai 9.388 orang. Sementara total surat lamaran yang masuk pada pos komando (Posko) rekrutmen CPNS mencapai 14.606 berkas.

haa

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
ISI Bukan Kampus Zombi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (23/8/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gmail.com Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia (ISI) Solo segera dipimpin rektor baru. Rektor Sri Rochana Widyastutieningrum…