Selasa, 24 November 2009 19:33 WIB News Share :

PT KA Daops Yogyakarta siapkan kereta tambahan

Yogyakarta–PT Kereta Api (KA) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta menyiapkan, sejumlah kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang akhir pekan ini.

“Kami telah menyiapkan tambahan kereta untuk antisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang nanti yang akan kami operasionalkan mulai 26 hingga 28 November,” kata Kepala Humas PT KA Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, Selasa.

Menurut dia, tambahan tersebut terutama dilakukan untuk kereta kelas eksekutif sedangkan untuk kelas bisnis dan ekonomi diupayakan dengan mengoptimalkan dengan melihat kondisi lapangan.

“Kereta kelas eksekutif yang semula hanya delapan rangkaian akan kami tambah menjadi 10 rangkaian, sedangkan untuk kelas bisnis menunggu perkembangan di lapangan, jika memang harus ditambah rangkaian maka akan ditambah namun kami akan mengoptimalkan lebih dulu,” katanya.

Ia mengatakan, untuk kelas bisnis dan ekonomi masih bisa dilayani dengan penumpang tanpa tempat duduk dengan masing-masing toleransinya.

“Jika nanti memang kondisinya mengharuskan ada penambahan rangkaian untuk kelas bisnis dan ekonomi maka akan kami lakukan karena saat ini ada sejumlah kereta siap operasi dan siap guna operasi yang dapat dijalankan jika diperlukan setiap saat,” katanya.

Eko mengatakan, selain itu untuk kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) yang melayani rute Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Kutoarjo saat ini juga telah menampakkan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan.

“Kereta rute pendek seperti Prameks saat ini sudah terjadi peningkatan penumpang yang signifikan karena besok (Rabu 25/11) anak sekolah sudah mulai libur dan kami perkirakan jumlah penumpang akan terus meningkat,” katanya.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…