Selasa, 24 November 2009 02:22 WIB Ekonomi,Hukum Share :

Polisi gadungan dibekuk aparat

Solo (Espos)–Seorang polisi gadungan, Untoro alias Edi Santoso, 33, penduduk Dadimulyo, Delanggu, Klaten ditangkap aparat Polsek Jebres karena diduga melakukan penipuan terhadap sejumlah orang senilai ratusan juta rupiah.

Tersangka yang merupakan mantan Satpam di perusahaan tekstil di Sukoharjo dan perusahaan air mineral di Klaten mengaku bernama Edi Santoso yang bertugas di Reskrim Polwil Surakarta. Tersangka ditangkap polisi di daerah Mojosongo, Jebres, akhir pekan lalu.

Informasi yang dihimpun Espos di Mapolsek Jebres, Senin (23/11), menyebutkan, penangkapan terhadap tersangka dilakukan setelah polisi menyelidiki kasus penipuan dengan korban Isamtinah, 50, warga Gandekan, Jebres. Untuk meyakinkan korban jika pelaku adalah anggota polisi, dia menggunakan jaket bertuliskan polisi dan kaus berlogo Polri.

Tidak hanya itu saja, pelaku juga membawa sebuah sangkur dengan gagang mirip gagang senjata api (Senpi). Perawakan tersangka yang cukup kekar menjadikan korban semakin yakin jika pelaku yang terakhir berprofesi sebagai sopir truk itu adalah anggota Polri.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku menawari pekerjaan kepada anak korban sebagai Satpam di salah satu bank di Solo. Namun, pelaku meminta korban membayar senilai Rp 17 juta agar anaknya dapat diterima sebagai Satpam. Permintaan itu akhirnya dituruti oleh korban.

Uang senilai Rp 17 juta milik korban dibayarkan secara bertahap mulai Juli hingga November 2009. Selain itu, korban juga menyerahkan sepeda motor Suzuki Smash kepada pelaku. Setelah membayarkan uang, ternyata anak korban tidak kunjung bekerja hingga akhirnya kasus itu dilaporkan ke Polsek Jebres.

“Pembayarannya dilakukan secara bertahap. Kami kembangkan karena ada beberapa korban lainnya, paling tidak ada enam orang yang menjadi korban di wilayah Soloraya. Rata-rata tiap orang sudah mengeluarkan Rp 20 juta,” ungkap Kanitreskrim Polsek Jebres Ipda Teguh Sujadi mewakili Kapolsek Jebres AKP Dwi Retnowati dan Kapoltabes Solo Kombes Pol Joko Irwanto.


dni

lowongan kerja
lowongan kerja YAYASAN AL-ABIDIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Ketahanan Psikologis Mencegah Pelajar Bunuh Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/6/2017). Esai ini ditulis Ahmad Saifuddin, dosen di Institut Agama Islam Negeri Surakarta dan Sekretaris Lakpesdam PCNU Kabupaten Klaten. Alamat e-mail penulis adalah ahmad_saifuddin48@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (3/6/2017) saya terkejut ketika membaca Harian…