Selasa, 24 November 2009 10:41 WIB Haji,Internasional Share :

Biaya haji tahun 2010 akan naik


Makkah–
Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak mustahil akan menaikkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) untuk musim haji 1411 H atau 2010 mendatang. Kemungkinan kenaikan BPIH ini terkait upaya mendapatkan pemondokan yang ditargetkan berjarak 4 kilometer dari Masjidil Haram.

“Ke depan, jamaah harus tinggal paling jauh 4 kilometer dari Masjidil Haram. Sebenarnya saya mewanti-wanti kepada staf saya target jarak yang paling jauh itu 3 kilometer. Ring I berjarak antara 1 sampai dengan 2 kilometerm. Ring II antara 2 kilometer sampai 4 kilometer,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali dalam keterangan persnya usai rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di kantor Daerah Kerja Makkah, Arab Saudi, Senin (23/11).

Menurut Suryadharma, setiap fasilitas yang lebih baik memang memerlukan biaya yang lebih besar. Oleh karena itu, adalah wajar jika semakin baik pelayanan semakin tinggi pula BPIH yang harus disetor calon jamaah haji.

“Tapi masalah kenaikan BPIH ini akan kita bicarakan lagibersama DPR. Kita hitung lagi secara lebih cermat. Mudah-mudahan tidak naik BPIH, siapa tahu ada dana yang bisa saling subsidi. Kalaupun ada kenaikan, harganya tidak terlalu drastis,” jelasnya.

Suryadharma mengatakan, perbaikan pelayanan jamaah haji secara menyeluruh baru bisa dilaksanakan untuk tahun 2010. Sedangkan tahun ini, sifatnya hanya perbaikan parsial.

“Misalnya, ada banyak obat-obatan, tapi dokternya tidak ada. Jalan keluarnya, kita cari ke mana dokter itu. Mungkin sedang beribadah. Kalau sudah ketemu, dia kita minta untuk memeriksa pasien, baru kemudian obatnya bisa dibagikan,” ungkapnya.

Selain itu, Suryadharma juga mengakui masih ada beberapa kekurangan lainnya pada bidang perumahan, transportasi dan katering, namun sifatnya kecil-kecil. Misalnya, ada satu kamar yang dihuni oleh 10 orang, ada 20 orang tapi kamar mandinya 1, ada kamar mandi yang WC-nya mampet.
dtc/isw

PT. ABRAR TUJUH BERSAUDARA ISLAMI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Menggali Keluhuran Ajaran Leluhur

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (14/8/2017). Esai ini karya Al. Waryono, guru di SMKN 2 Klaten yang merupakan alumnus Pascasarjana Teknik Metalurgi Institut Teknologi Bandung. Alamat e-mail penulis adalah al.waryono62@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Orang Barat (Eropa) berusaha menaklukkan alam dengan kepandaian…