Senin, 23 November 2009 19:14 WIB Sukoharjo Share :

Terkendala harga, susu tak bisa didistribusikan

Sukoharjo (Espos)–Bantuan susu kaleng untuk anak Balita sejak awal tahun hingga saat ini belum bisa didistribusikan kepada masyarakat lantaran terkendala harga susu yang naik. Demikian disampaikan Kepala DKK, Suryono kepada ketua dan anggota komisi IV dalam inspeksi mendadak (Sidak), Senin (23/11).

Suryono menjelaskan, bantuan susu kepada anak Balita merupakan bantuan pendamping pemberian makanan tambahan (PMT) senilai Rp 94 juta yang diperuntukkan kepada 290 anak Balita.
Sekretaris DKK, Agus Prihatmo menambahkan, meski bantuan susu diperuntukkan anak Balita sejak Januari hingga Oktober, namun bantuan tersebut sampai sekarang belum bisa didistribusikan. Hal itu disebabkan, DKK terkendala kenaikan harga susu sementara anggarannya terbatas.

“Untuk penyediaan susu anak Balita di 2007 dan 2008 sebenarnya tidak ada masalah. Bahkan ada kelebihan anggaran saat itu sehingga sisa dana kemudian kami kembalikan ke kas daerah,” jelas Agus. Mengantisipasi tidak terjadi hal yang sama di 2010, DKK sengaja memperkecil anggaran pengadaan susu supaya tidak terjadi kelebihan.

Dengan tujuan penghematan anggaran, Agus menambahkan, prediksi DKK ternyata salah. Pasalnya, harga susu di 2009 lebih mahal dibanding harga susu di 2008 yang menyebabkan rekanan menolak penawaran dengan harga yang ditentukan DKK.

“Kendala kami terus terang memang pada masalah harga. Kenaikan harga susu menyebabkan banyak rekanan yang tidak mau bekerjasama dengan DKK. Namun demikian, persoalan itu akhirnya sekarang selesai karena salah satu rekanan yang menolak kemarin, sekarang ini mau menerima,” jelas dia.
aps

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…