Senin, 23 November 2009 14:27 WIB Haji,Internasional Share :

Jalan menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina ditutup


Makkah–
Jamaah calon haji (Calhaj) yang datang dari seluruh pelosok dunia ke Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, diperkirakan sudah mendekati angka tiga juta orang. Hal ini tentunya membuat arus lalu lintas khususnya menuju Masjidil Haram macet total dan kini sudah ditutup.

Tidak hanya itu, mulai sejak Minggu (22/11), seluruh jalan menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) ditutup bagi para jamaah calon haji yang akan melakukan ziarah ke Jabal Rahmah, maupun hanya sekadar ingin melongok-longok situasi di Armina. Petugas kepolisian memblokir semua jalan raya menuju kawasan ini, termasuk di Napak Malik Fahd, Syisha.

Saat ini kondisi Makkah hampir sepanjang hari dan malam terlihat kemacetan lalu lintas. Semua jalur atau jalan akses menuju Masjidil Haram ditutup. Banyak jamaah calon haji yang terpaksa jalan kaki atau menyewa kendaraan umum lainnya, seperti taksi atau bus-bus kecil, itu pun tidak bisa sampai langsung menuju Masjidil Haram.

Kondisi kemacetan terlihat mulai dari kawasan Aziziah, Misfalah, Rusaifah, Zaher, Bakhutmah dan sejumlah kawasan lainnya. Semua jamaah calon haji hanya bisa diantar sampai Terminal Bus di Mahbas Jin. Saat pelaksanaan Wukuf di Arafah nanti, dipastikan jalan kota menuju Armina, yang dikabarkan memiliki 9 akses ini akan ditutup total.

dtc/isw

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pendidikan yang Memerdekakan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (21/8/2017). Esai ini karya Mohamad Ali, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pengasuh Perguruan Muhammadiyah Kota Barat, Solo. Alamat e-mail penulis adalah ma122@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO–Memasuki umur 72 tahun kemerdekaan…