News
Senin, 23 November 2009 - 11:03 WIB

Gelombang tinggi 2-5 meter bakal terjadi di perairan Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah perairan Indonesia akan terjadi gelombang setinggi dua hingga lima meter sepanjang Senin (23/11) hari ini.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini adanya awan gelap (cumulonimbus) di lokasi-loakasi tersebut. Awan gelap ini dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

Advertisement

BMKG menginformasikan, gelombang 2,0 hingga 3,0 meter berpeluang terjadi di Selat Karimata, perairan utara Bangka, perairan timur Riau, Laut Andaman, perairan Aceh dan Nias, perairan Mentawai, perairan Bengkulu hingga Barat Lampung. Di kawasan ini kemarin sempat terjadi kecelakaan laut dengan tenggelamnya dua kapal yang berlayar di wilayah sekitar Riau tersebut.

Selain itu, perairan Enggano, Selat Sunda Selatan, perairan selatan Jawa, hingga Selatan Lombok dan perairan utara Sangihe Talaud juga diperkirakan akan  mengalami gelombang laut 2-5 meter.

Gelombang lebih tinggi, antara 3,0 sampai 4,0 meter diramalkan akan terjadi di Teluk Siam, Laut Natuna, perairan utara Kalimantan, perairan utara Jambi, Samudera Pasifik utara Biak hingga utara Jayapura dan Laut Philipina.

Advertisement

Sedangkan gelombang dengan tinggi 4,0 hingga 5,0 meter berada di Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia Barat Laut Aceh Hingga Barat Nias.

isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : BMKG Gelombang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif