Senin, 23 November 2009 11:03 WIB News Share :

Gelombang tinggi 2-5 meter bakal terjadi di perairan Indonesia

Jakarta–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah perairan Indonesia akan terjadi gelombang setinggi dua hingga lima meter sepanjang Senin (23/11) hari ini.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini adanya awan gelap (cumulonimbus) di lokasi-loakasi tersebut. Awan gelap ini dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

BMKG menginformasikan, gelombang 2,0 hingga 3,0 meter berpeluang terjadi di Selat Karimata, perairan utara Bangka, perairan timur Riau, Laut Andaman, perairan Aceh dan Nias, perairan Mentawai, perairan Bengkulu hingga Barat Lampung. Di kawasan ini kemarin sempat terjadi kecelakaan laut dengan tenggelamnya dua kapal yang berlayar di wilayah sekitar Riau tersebut.

Selain itu, perairan Enggano, Selat Sunda Selatan, perairan selatan Jawa, hingga Selatan Lombok dan perairan utara Sangihe Talaud juga diperkirakan akanĀ  mengalami gelombang laut 2-5 meter.

Gelombang lebih tinggi, antara 3,0 sampai 4,0 meter diramalkan akan terjadi di Teluk Siam, Laut Natuna, perairan utara Kalimantan, perairan utara Jambi, Samudera Pasifik utara Biak hingga utara Jayapura dan Laut Philipina.

Sedangkan gelombang dengan tinggi 4,0 hingga 5,0 meter berada di Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia Barat Laut Aceh Hingga Barat Nias.

isw

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…