Senin, 23 November 2009 17:20 WIB Solo Share :

Depag Solo rekomendasikan RPH halal

Solo (Espos)–Bukan hanya produk makanan saja yang memakai label halal. Di Solo, sebanyak empat rumah potong hewan (RPH) juga akan mendapatkan rekemondasi halal dari Departemen Agama (Depag) Kota Solo.

Empat RPH di Solo yang telah dipantau dan dinyatakan halal itu ialah RPH di Kelurahan Jagalan, Sate Mbok Galak Banjarsari, Timlo Pasar Gede, dan Bebek Goreng Pak Slamet.
Plt Kasi Urusan Agama (Urais) Depag Solo, Musta’in menjelaskan, pemberian sertifikat berlabel halal tersebut untuk memberikan perlindungan bagi konsumen di Solo dalam memilih RPH.

Menurutnya, langkah yang ditempuh Depag dan  bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah (Jateng) serta Dinas Peternakan Kota Solo tersebut diharapkan bisa memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan secara medis dan ketentuan agama.

“Yang jelas kami sudah menerjunkan tim untuk melakukan penelitian di sejumlah RPH. Harapannya nanti, warga juga berperan aktif dalam mendukung RPH halal ini,” jelasnya ketika ditemui Espos di ruang kerjanya, Senin (23/11).

Menurutnya, pemberian sertifikasi halal kepada RPH bukan semata karena menjelang hari raya Idul Adha. Lebih jauh dari itu, program tersebut akan berkelanjutan hingga semua RPH di Solo bersertifikat halal. “Tim yang kami terjunkan terdiri dari MUI Kanwil Jateng, Dinas Peternakan Kota Solo dan Depag Kota Solo. Harapannya, agar masyarakat terlindungi dalam menkonsumsi daging hewan baik secara kesehatan atau pun hukum agama,” paparnya.

asa

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…