News
Senin, 23 November 2009 - 15:30 WIB

87% aliran dana Bank Century untuk tutupi praktik pelanggaran

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta–
Dari dana penyelamatan atau bailout Bank Century senilai Rp 6,7 triliun, sebesar Rp 5,87 triliun atau sekitar 87 persennya digunakan untuk menutupi berbagai praktik tidak sehat dan pelanggaran yang dilakukan bank yang kini sudah berganti nama menjadi Bank Mutiara tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Purnomo dalam konferensi pers usai menyampaikan hasil audit investigasi Bank Century ke pimpinan BPK di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/11).

Advertisement

Hadi menjelaskan, dalam penanganan Bank Century, LPS telah mengeluarkan biaya penanganan untuk penyertaan modal sementara sebesar Rp 6,7 triliun yang digunakan untuk menutupi kerugian Bank Century.

“Dari jumlah tersebut sebesar RP 5,86 triliun merupakan kerugian Bank Century akibat adanya praktik-praktik tidak sehat dan pelanggaran-pelanggaran ketentuan yang dilakukan oleh pengurus bank, pemegang saham maupun pihak terkait Bank Century,” urai Hadi.

Ia menambahkan, karena Bank Century ditetapkan sebagai bank gagal, dan penanganannya dilakukan oleh LPS, maka kerugian itu harus ditutup melalui penyertaan modal sementara oleh LPS yang merupakan bagian dari keuangan negara.

Advertisement

“Permasalahan-permasalahan yang timbul adalah permasalahan surat-surat berharga dan transaksi-transaksi pada Bank Century yang mengakibatkan kerugian Bank Century,” imbuh Hadi.

Mantan Dirjen Pajak ini juga mengatakan, praktek-praktek perbankan yang tidak sehat yang dilakukan oleh pemegang saham, pengurus, dan pihak terkait lainnya diduga melanggar pasal 8 ayat 1, pasal 49 ayat 1 dan pasal 50 serta pasal 50 a UU No.10 tahun 1998 tentang perubahan atas UU No.7 tahun 1992 tentang perbankan telah merugikan Bank Century sekurang-kurangnya sebesar Rp 6,32 triliun yang pada akhirnya kerugian tersebut ditutup dengan dana PMS dari LPS.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Aliran Dana Bank Century
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif