Minggu, 22 November 2009 20:15 WIB Boyolali Share :

Isi kekosongan posisi perangkat, Boyolali gelar 4 Pilkades

Boyolali (Espos)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menggelar empat pemilihan kepala desa (Pilkades) di empat kecamatan di wilayah itu pada tahun 2009 ini. Desa Manggis, Kecamatan Mojosongo, akan mengawali penyelenggaraan Pilkades di kabupaten tersebut pada Senin (23/11), disusul Desa Salakan, Kecamatan Teras dan Desa Temon, Kecamatan Simo yang akan diselenggarakan secara bersamaan di masing-masing desa, pada Sabtu (19/12) mendatang.

“Pilkades keempat akan diselenggarakan di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit. Namun untuk pelaksanaannya terpaksa mundur dan menurut rencana baru akan digelar pada bulan Maret 2010 mendatang,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Kelurahan Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Totok Eko YP, ketika ditemui wartawan saat meninjau persiapan pelaksanaan Pilkades di Kantor Kepala Desa (Kades) Manggis, Minggu (22/11).

Dikatakan, pengisian kekosongan posisi kepala desa dan perangkat desa itu mengacu pada Perda Nomor 12 tahun 2006 tentang penyelenggaraan Pilkades dan Perbup Nomor 37 tahun 2006 tentang tata cara pemilihan dan pengangkatan Kades dan perangkat desa. Untuk mendukung penyelenggaraan Pilkades tersebut, Totok menyebutkan Pemkab Boyolali mengalokasikan anggaran dalam APBD tahun 2009 untuk Pilkades senilai Rp 7,5 juta untuk masing-masing desa. Sementara dari desa sendiri, Totok mengatakan pemerintah desa (Pemdes) bisa mengalokasikan anggaran Pilkades dari dana alokasi dana desa (ADD) senilai maksimal Rp 2 juta.

“Sesuai ketentuan tahun 2009 ini, masing-masing Pemdes bisa mengalokasikan dana ADD untuk penyelenggaraan Pilkades senilai maksimal Ro 2 juta,” imbuh Totok.

Selain Pilkades, Kabupaten Boyolali juga mengadakan pemilihan perangkat desa. Menurut data Pemkab, terdapat kekosongan sekitar 44 perangkat desa, empat di antaranya Kades dan 40 sisanya adalah posisi kepala dusun (Kadus) dan kepala urusan (Kaur). Dari jumlah itu sebagian besar sudah dapat diisi melalui proses pemilihan langsung.
sry

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…