Sabtu, 21 November 2009 12:45 WIB News Share :

Tagih komitmen SBY kurangi emisi, puluhan aktivis Greenpeace demo

Jakarta–Puluhan aktivis lingkungan dari Greenpeace menagih komitmen Presiden SBY untuk mengurangi emisi dengan menghentikan penggundulan hutan guna menghadapi perubahan iklim. Mereka juga mendorong SBY untuk membuat kebijakan pengurangan emisi.

Pernyataan tersebut dituangkan dalam aksi sepanjang Bundaran Indosat hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (21/11).

“Sekarang kami meminta komitmen SBY menjadi aksi nyata dengan menghentikan penggundulan hutan,” ujar salah seorang orator Greenpeace, Yuyun Indradi.

Mereka membentangkan spanduk besar bertuliskan ‘Cukup Berbicara Saatnya Bertindak Lindungi Hutan untuk Masa Depan’. Aktivis tersebut juga mengenakan kaos warna merah bertuliskan ‘Lindungi Hutan untuk Masa Depan’.

“Asia Tenggara adalah kawasan yang paling rentan tapi paling tidak siap menghadapi perubahan iklim. Saatnya tindakan nyata harus dilakukan dengan cara melindungi hutan dan gambut,” tambah orator lainnya, Nur Hidayati.

Aksi ini tak membuat kemacetan karena dilaksanakan pada hari libur kerja. “Ayo selamatkan hutan sekarang juga,” teriak puluhan aktivis secara berulang-ulang.

Pada pertemuan G-20 di Pittsburgh beberapa waktu lalu, SBY mengeluarkan komitmen menurunkan emisi Indonesia dari 26 persen menjadi 41 persen pada 2020 dengan dukungan internasional. Komitmen tersebut harus dibarengi oleh negara industri untuk menurunkan emisinya dan mendukung negara hutan tropis seperti Indonesia dengan menyediakan dana perlindungan hutan di bawah skema pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan.

dtc/isw

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…