Sabtu, 21 November 2009 02:56 WIB Solo Share :

Pilkada Solo, PD galang koalisi besar


Solo (Espos)-
-Partai Demokrat siap menggalang koalisi besar dalam Pilkada 2010. Tak hanya melibatkan partai yang memperoleh kursi di legislatif, koalisi ini juga akan mengajak partai nonparlemen.

Salah satu anggota Tim Sembilan, Supriyanto, mengatakan, komunikasi politik dengan sejumlah partai politik (Parpol) masih intensif dilakukan. “Dari komunikasi politik yang dilakukan selama ini, tampaknya mengerucut pada pembentukan koalisi besar,” terang Supriyanto, ketika dihubungi, Jumat (20/11).

Koalisi besar itu sangat dimungkinkan terbentuk bila partai politik mempunyai calon sama yang akan diusung dalam Pilkada 2010. Seperti Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Koalisi Partai Politik Surakarta (KPPS), memang sama-sama memunculkan figur Achmad Purnomo sebagai salah satu kandidat calon yang akan diusung.

Supriyanto yang juga Sekretaris DPC Partai Demokrat Solo mengakui adanya kemungkinan mengusung figur yang pernah menjadi calon walikota pada Pilkada 2005 lalu itu. Namun, Demokrat masih harus menunggu hasil survei akhir oleh lembaga yang ditunjuk. Sekitar satu hingga dua pekan lagi, hasil akhir survei itu bakal diketahui.

Sementara Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo, Sugeng Riyanto, menuturkan, secara informal komunikasi politik antar-Parpol masih terus dilakukan. Dan soal pembentukan koalisi besar tersebut, menurut Sugeng, mungkin saja terjadi.

PKS saat ini masih fokus untuk memperkuat koalisinya dengan Partai Amanat Nasional (PAN), yaitu penentuan waktu untuk mendeklarasikan koalisi yang terbentuk. Namun di sisi lain, Sugeng mengaku masih menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik lain guna memperbesar koalisi.

Ia mengisyaratkan, sejumlah partai politik dengan ideologi serupa tidak menutup kemungkinan bakal bergabung. Bukan itu saja, partai berbeda ideologi pun, sepanjang mampu menyamakan visi dan misi, bisa turut serta dalam koalisi.

iik

lowongan kerja
lowongan kerja guru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…