News
Sabtu, 21 November 2009 - 13:27 WIB

Dilanda banjir, ratusan warga Cumbria-Inggris ngungsi

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Inggris–Lebih dari 500 orang di daerah Cumbria Inggris terpaksa mengungsi ke tempat-tempat pengungsian, karena rumah mereka mengalami kebanjiran.

Menurut lembaga MeteoGroup, hujan yang terjadi di Inggris telah mencapai level tertinggi dalam sejarah, sejak 1727. Ketinggian genangan air, kini memang telah menurun, namun hujan 20-30 mm diperkirakan bakal kembali menghajar Inggris pada Sabtu siang waktu setempat.

Advertisement

Sementara Environment Agency mengatakan bahwa curah hujan di daerah Seathwite Farm, tercatat mencapai 314 mm dalam 24 jam, jauh melebihi curah hujan yang dialami di Martinstown Dorset, saat terjadi hujan lebat di Inggris pada 1955.

Akibat hujan lebat itu, sekitar 1100 bangunan rumah dan gedung di Cumbria kebanjiran. Tim penyelamat juga telah menyelamatkan sekitar 300 orang di Cockermouth, salah satu kota yang terparah, yang beberapa areanya terendam air hingga 2,5 meter.

Bahkan seorang polisi bernama Bill Barker, meninggal akibat tersapu banjir saat menolong seorang pengendara motor ketika jembatan A597 Workington ambruk karena derasnya arus sungai.

Advertisement

Bill Barker, yang seharusnya merayakan ulang tahunnya yang ke-45 pada hari Sabtu ini, telah 25 tahun mengabdi di kepolisian. Mayatnya ditemukan beberapa jam setelah pencarian. Keberanian Bill yang gugur dalam upaya penyelamatan nyawa orang lain mendapat penghormatan dari Perdana Menteri Gordon Brown.

“Dia adalah seorang yang sangat heroik dan berani. Kita berhutang penghargaan kepada atas layanan yang ia berikan kepada masyarakat,” kata Gordon, dikutip dari BBC.

Menurut situs TimesOnline, menyusul musibah ini, Association of British Insurers memperkirakan akan ada sekitar 500 hingga 1000 klaim asuransi, baik dari klien domestik maupun bisnis.

Advertisement

Artinya, diperkirakan akan ada pembayaran asuransi sebesar GBP 50 juta-100 juta atau sekitar Rp 777 miliar – Rp 1,5 triliun.

isw

Advertisement
Kata Kunci : Banjir Inggris
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif