News
Jumat, 20 November 2009 - 08:41 WIB

Krisis pangan dunia perlu penanganan bersama

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Roma–Krisis pangan dunia perlu penyelesaian bersama seluruh negara. Tidak mungkin persoalan pangan global dapat diselesaikan melalui penyelesaian individualis masing-masing negara.

Hal itu dikemukakan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono dalam pidato pada Pertemuan ke-36 Konferensi FAO di kantor pusat FAO, Roma, Kamis (19/11).

Advertisement

“Atas dasar itu Indonesia sangat mendukung segala bentuk inisiatif untuk membangun kemitraan global yang lebih baik dan lebih kuat,” demikian Mentan seperti disampaikan Atase Pertanian Roma Erizal Sodikin.

Mentan Suswono ke Roma selain dalam rangka konferensi FAO juga yang utama mendampingi Wapres RI Boediono yang menyampaikan pidato pada World Summit on Food Security (Pertemuan Puncak Dunia tentang Ketahanan Pangan Global), 16-18/11/2009.

Selain menekankan perlunya kerjasama global, Mentan juga menyinggung beberapa hal menyangkut keberhasilan Indonesia dalam mengelola pangan pokok penduduknya, serta menjelaskan tentang partisipasi Indonesia dalam membantu negara lain melalui kerjasama Selatan-Selatan.

Advertisement

Mentan juga menginformasikan beberapa target Indonesia terkait ketahanan pangan seperti swasembada daging dan gula, yang diharapkan dapat tercapai dalam periode lima tahun mendatang.

Terkait ketahanan pangan dalam negeri, Mentan juga menekankan tentang salah satu prioritas utama program yang akan dilakukannya yaitu diversifikasi pangan dan penurunan tingkat konsumsi beras per penduduk Indonesia yang dinilai terlalu tinggi.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Dunia Krisis Pangan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif