Kamis, 19 November 2009 10:46 WIB Ah Tenane Share :

Tiwas nunggu

19ahtenaneMendengar informasi pendaftaran CPNS, Jon Koplo yang sudah lama nganggur ini bergegas untuk mendaftarkan diri. Kota pilihan yang ia minati adalah Pemprov Yogyakarta. Maka, malam itu juga ia segera mendaftarkan diri secara online di salah satu Warnet dekat tempat tinggalnya di daerah Bayat, Klaten. Setelah sukses mendaftar dan mencetak kartu registrasi, keesokan harinya Koplo ditemani sohibnya, Tom Gembus langsung meluncur ke Yogya, tentunya setelah melengkapi berkas dan disusun rapi dalam map sesuai warna formasi yang diincarnya.
Singkat cerita, sampailah mereka di tempat yang dituju yaitu untuk pendaftar Pemprov Yogya berada di Alun-alun Kidul.
Setelah memarkir motor, Koplo bergegas menuju loket yang penuh kerumunan orang untuk menyerahkan berkas yang telah disusun dari rumah, lalu duduk manis menunggu panggilan untuk diproses.
”Kok suwi men ya?” sambat Koplo kepada Gembus setelah menunggu hampir dua jam.
”Sabar Plo, entar juga dipanggil,” Gembus menenangkan.
Tak lama kemudian… ”Saudara Jon Koplo!” panggil petugas.
”Lha ini giliranku!” ucap Koplo sambil gedandapan menuju loket pendaftaran.
”Maaf, Mas. Ini kode formasinya salah. Lihat daftar yang tertempel Mas!” ujar petugas seraya menyerahkan kembali berkas lamaran Koplo.
”Perasaan, kode formasinya sudah benar,” ngedumel Koplo seraya melihat daftar formasi yang telah dicatat di lembaran kertas dari tasnya.
”Sudah benar ki, Mbus. Sing salah apane ya?” tanya Koplo kepada Gembus agak panik.
Tom Gembus yang telah memperhatikan sekeliling langsung menyahut, ”Woalah Plo… Plo. Formasi yang kamu lamar itu loketnya sana. Makanya baca dulu pengumumannya,” jelas Gembus seraya menunjukkan loket lain yang ada formasi sesuai lamaran Koplo.
”Wadhuh, antre lagi nih. Tiwas nunggu rong jam…” keluh Koplo seraya menggaruk-garuk kepalanya yang diikuti ketawa cekikikan dari pelamar lain.  Kiriman Lilik Gunawan, Tegalrejo RT 16/RW VII, Bayat, Klaten 57462.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…