Kamis, 19 November 2009 08:10 WIB Internasional Share :

Obama akui penutupan Guantanamo mundur dari jadwal

Washington–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk kali pertama mengakui bahwa AS belum akan memenuhi deadline penutupan penjara Guantanamo pada Januari 2010 sesuai yang dijanjikannya. Hal tersebut dia katakan saat melakukan wawancara dengan beberapa media selama melakukan lawatan di Asia.

Obama mengatakan, dirinya tidak kecewa dengan mundurnya jadwal penutupan ini. Karena dia yakin, sangat sulit untuk mewujudkan penutupan ini. Komentar Obama ini menjawab spekulasi yang selama ini muncul bahwa deadline penutupan Guantanamo bakalan mundur.

Obama tidak menyebutkan kapan deadline baru untuk menutup Guantanamo. Namun dia mengatakan kemungkinan penutupan akan dilakukan setelah tahun 2010.

“Kita telah punya deadline khusus tapi melesat,” kata Obama kepada NBC seperti dilansir BBC, Kamis (19/11).

Kepada Fox News, Obama mengatakan, “Sangat sulit untuk memutuskan ini, karena tak cuma menyangkut masalah politik. Orang pasti akan bisa memahami bahwa tidak mudah untuk membawa para tahanan teroris keluar,” jelas Obama.

Pria yang pernah tinggal di Indonesia ini menambahkan, mundurnya jadwal penutupan ini juga karena masalah teknis. Misalnya sikap kooperatif dari kongres AS juga diperlukan.

dtc/isw

lowongan kerja
lowongan kerja AKADEMI TEKNOLOGI WARGA SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan Solopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di milkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO — Predikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…