Kamis, 19 November 2009 17:49 WIB Sukoharjo Share :

Jelang Pilkada Sukoharjo, PAN siap gandeng partai Islam

Sukoharjo (Espos)–Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Sukoharjo siap menggandeng partai politik (Parpol) berhaluan Islam untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2010 mendatang.

Hal itu ditegaskan Ketua DPD PAN, M Amin dalam jumpa pers, Kamis (19/11). Amin mengatakan, Parpol berhaluan Islam yang akan digandeng untuk menghadapi Pilkada adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Partai Persatuan Pembangunan (P3).

Meski yang sudah dipastikan PAN untuk digandeng sebagai mitra koalisi adalah ketiga Parpol tersebut namun PAN sendiri juga masih membuka diri apabila ada partai politik (Parpol) lain yang akan bergabung.

“Untuk sementara ini, PAN sendiri masih dalam tahapan melakukan survei internal mulai dari tingkat kecamatan sampai desa untuk mencari sosok potensial yang akan diusung dalam Pilkada,” jelasnya. Namun demikian sebelum menetapkan bakal calon bupati atau wakil bupati, DPD PAN harus mempunyai kendaraan untuk menghadapi Pilkada.

Amin mencontohkan, DPC PDIP saat ini sudah bisa menjadi kendaraan sendiri bagi para calonnya. Sementara di sisi lain, PAN tidak bisa melakukan hal yang serupa lantaran perolehan kursi di legislatif tak sampai 15%.

Apabila koalisi PAN dengan tiga Parpol berhaluan Islam lainnya sudah ditetapkan resmi, Amin menambahkan, dipastikan Parpol Islam punya kekuatan sebesar 31% dibanding total suara secara keseluruhan. Oleh karenanya untuk bisa memenangkan Pilkada, Parpol berhaluan Islam harus bersatu.

aps

lowongan kerja
lowongan kerja YAYASAN AL-ABIDIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ketahanan Psikologis Mencegah Pelajar Bunuh Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/6/2017). Esai ini ditulis Ahmad Saifuddin, dosen di Institut Agama Islam Negeri Surakarta dan Sekretaris Lakpesdam PCNU Kabupaten Klaten. Alamat e-mail penulis adalah ahmad_saifuddin48@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (3/6/2017) saya terkejut ketika membaca Harian…