pdamsolo.or.id
Kamis, 19 November 2009 20:51 WIB Sport Share :

Enam tim genapi finalis Piala Dunia 2010

Paris–Genap sudah 32 kontestan yang bakal tampil di perhelatan turnamen sepak bola terakbar dunia, Piala Dunia 2010. Sebanyak enam tim, Kamis (19/11), telah memastikan tiket terakhir menuju Afrika Selatan tahun depan.

Dari Benua Eropa, empat tim lolos play off untuk bergabung dengan sembilan tim lainnya yang telah terlebih dahulu terkualifikasi ke putaran final Piala Dunia tahun depan. Slovenia, Yunani, Portugal dan Prancis mengunci empat tiket tersisa.

Slovenia melewati adangan sembilan pemain Russia yang diarstiketi pelatih berpengalaman, Guus Hiddink, lewat kemenangan 1-0 di leg kedua, kemarin. Zlatko Dedic menceploskan gol tunggal kemenangan Slovenia yang dicetak  menjelang turun minum. Gol Dedic membawa Slovenis mengamankan tiket ke Afrika Selatan 2010 dengan keunggulan gol away setelah agregat imbang 2-2.

“Ini adalah mimpi, mimpi, namun kami semua mendapatkannya,” ujar Dedic.

Russia tampil sembilan pemain setelah pemain pengganti, Alexander Kerzhakov diusir keluar lapangan pada menit 66 karena terlibat perkelahian dengan kipper Slovenia, Samir Handanovic. Sementara Yuri Zhirkov juga angkat kaki dari lapangan pada menit-menit akhir pertandingan karena akumulasi kartu kuning.

Kekalahan ini menyuguhkan kenyataan pahit bagi Hiddink yang untuk kali pertama dalam kariernya gagal membawa tim besutannya terkualifikasi ke turnamen besar seperti Piala Dunia. Sebelumnya Hiddink membawa tiga tim, yakni tim nasional negaranya Belanda (1998), Korea Selatan (2002) dan Australia (2006) tampil di Piala Dunia. Dia juga memimpin Russia tampil di Euro 2008.
Tim peserta Piala Dunia 2010

Zona Eropa
Denmark
Jerman
Spanyol
Inggris
Serbia
Italia
Belanda
Swiss
Slovakia
Portugal
Yunani
Prancis
Slovenia

Zona Afrika    
Afrika Selatan (terkualifikasi sebagai tuan rumah)
Ghana
Pantai Gading
Kamerun
Nigeria
Algeria

Zona Asia/Oceania
Australia
Jepang
Korea Selatan
Korea Utara
Selandia Baru

Zona CONCACAF
Amerika Serikat
Meksiko
Honduras

Zona Amerika Selatan
Brazil
Paraguay
Chili
Argentina
*Uruguay (menang play-off atas Kosta Rika)

anh/Rtr

lowongan kerja
lowongan kerja Kantor SD Aisyiyah Gemolong, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Bung Karno dan Kebudayaan Nasional

Gagasan ini karya Hendra Kurniawan, dosen Pendidikan Sejarah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Esai ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (6/6/2017). Alamat e-mail penulis adalah hendrayang7@gmail.com Solopos.com, SOLO — Esai Albertus Rusputranto P.A. bertajuk Bung Karno, Lenso, Cha Cha di Harian…