Kamis, 19 November 2009 16:34 WIB News Share :

Cilacap diguncang gempa 5,0 SR

Cilacap–Gempa bumi berkekuatan 5,0 skala Richter (SR) menguncang wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis, pukul 15:35:09 WIB.

“Pusat gempa berada di posisi 8,92 Lintang Selatan (LS) – 110,45 Bujur Timur (BT), atau 107 kilometer Barat Daya Wonosari, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan kedalaman 23 kilometer,” kata Analis Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap.

Menurut dia, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.Sementara itu, sejumlah warga di Cilacap mengatakan merasakan guncangan akibat gempa tersebut.

“Tadi ketika saya sedang melayani pembayaran pengguna internet, tiba-tiba badan saya sedikit terguncang. Saya kira hanya saya yang merasa terguncang, tetapi ternyata ada pengguna internet yang merasakannya,” kata Finda, penjaga Warnet ‘Pelita Net’ di Jalan Kelud, Cilacap.

Salah seorang pengguna jasa internet di warnet itu, Toto mengaatakan dirinya pusing karena komputer yang dihadapinya terguncang, meski pelan.

“Kalau mas tidak mengatakan ada gempa, saya mungkin hanya mengira guncangan tadi karena perasaan saja. Tetapi memang saat mengetik, badan saya agak terguncang, dan komputer di atas meja seperti bergoyang,” katanya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,6 SR yang berpusat di posisi 9,15 LS – 107,58 BT atau 214 kilometer Barat Daya Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 66 kilometer, dirasakan di Kabupaten Cilacap pada Rabu (18/11) pukul 09:17:12 WIB.
Ant/tya

lowongan kerja
lowongan kerja SALES SMARTFREN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Pancasila Harus Satu Kesatuan

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (12/6/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro yang bekerja sebagai editor buku di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com Solopos.com, SOLO–Jika dibandingkan beberapa tahun lalu, tampaknya kedudukan Pancasila pada tahun ini berada di…