Soloraya
Rabu, 18 November 2009 - 21:55 WIB

Sedimentasi WGM tinggi capai 4.000 meter kubik

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Wonogiri (Espos)-
-Forum Peduli Daerah Aliran Sungai (FPDAS) Wonogiri melihat sedimentasi di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri cukup besar, yakni mencapai 4.000 m3.

Dari jumlah itu, sepertiga di antaranya dihasilkan dari aliran Sungai Keduwang, sehingga FPDAS mengusulkan dibuat cekdam-cekdam di sepanjang aliran Sungai Keduwang agar sedimentasi WGM tidak cepat tinggi.

Advertisement

Selain itu, pemerintah juga diharapkan bekerja sama dengan masyarakat desa hutan agar penyelamatan hutan bisa dicapai. Kerja sama itu diharapkan memberikan penghasilan bagi masyarakat dan Perhutani. Hal tersebut mengemuka dalam diskusi yang digagas oleh FPDAS Wonogiri di Kantor LSM Persepsi Wonogiri, Rabu (18/11).

Ketua FPDAS Wonogiri, Anwar Budiharjo, mengatakan sekarang ini masalah kekeringan berbarengan dengan masalah sedimentasi. “Setiap musim kemarau, kondisi sedimentasi Waduk Gajah Mungkur sangat tinggi. Bahkan pintu air Waduk tidak lagi teraliri air karena air tidak sampai ke titik pintu air. Sepertiga dari jumlah sedimentasi ke Waduk berasal dari aliran Sungai Keduwang, padahal sedimentasi Waduk mencapai 4.000 m3,” ujarnya.

tus

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Sedimentasi WGM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif