Soloraya
Rabu, 18 November 2009 - 16:45 WIB

Ketersediaan pupuk di Kartasura aman

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Ketersediaan pupuk untuk menghadapi masa tanam (MT) I di Kecamatan Kartasura diklaim lebih dari cukup. Pekan ini, pupuk mulai disalurkan ke para pengecer pupuk.  

Kepala UPT Dinas Pertanian Kartasura, Farida, saat dijumpai Espos di kantornya, Rabu (18/11), menuturkan, total pupuk urea bersubsidi yang dipersiapkan untuk MT I sebanyak 37 ton. Menurutnya, angka tersebut mencukupi kebutuhan 515 hektare lahan padi yang tersebar di Kartasura, termasuk cadangannya.

Advertisement

“Ini (pupuk urea-red) sudah mulai dikirim ke para penyalur, termasuk Ponska dan Superphose,” jelasnya. Farida mengungkapkan, pembelian pupuk bersubsidi oleh petani hanya diperkenankan sesuai rencana dasar kebutuhan kelompok (RDKK) yang telah disusun sebelumnya. Di sisi lain, lanjutnya, pengecer juga diminta menjual sesuai RDKK.

Dipaparkan olehnya, penggunaan pupuk kimia secara berlebihan justru menyebabkan hasil panen tidak optimal dan dalam jangka panjang merusak kesuburan tanah. Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau petani menerapkan dosis pupuk sesuai anjuran, yakni 150-250 kilogram urea untuk tiap hektare lahan.
rei

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Pupuk Sukoharjo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif