Rabu, 18 November 2009 09:45 WIB News Share :

Hujan meteor Leonid terlihat di Bandung

Bandung–Hujan meteor Leonid yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang akhirnya terlihat jelas. Lima meteor sempat menampakkan diri menghiasi langit di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

“Sempat terlihat lima meteor sejak pukul 12.30 WIB.” ujar karyawan Observatorium Boscha, Muhammad Irfan kepada detikcom, Rabu (17/11).

Menurut Irfan, peristiwa yang indah itu hanya terlihat sesaat karena langit sedang mendung. Lima meteor itu terlihat ditengah bongkahan awan. “Kalau cerah terlihat lebih banyak,” imbuhnya.

Irfan mengimbau agar masyarakat keluar rumah dan segera melihat langit di lingkungannya untuk melihat keindahan hujan meteor tersebut.

“Bisa dilihat hingga matahari terbit nanti. Sekitar pukul 06.00 WIB pagi masih ada,” kata Irfan.

Berdasarkan pantauan mulai dari pukul 03.00 hingga pukul 04.30 WIB langit di Jakarta terlihat mendung. Langit Jakarta yang berwarna merah itu tidak menampakkan satupun meteor, selain rintik hujan yang turun.

Sebelumnya, Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika LAPAN Bandung Thomas Djamaluddin mengatakan, hujan meteor Leonid terjadi karena Bumi melalui sisa-sisa debu komet tumpele-tuttle. Hujan meteor Leonid ini akan terulang setiap setahun sekali.
dtc/isw

lowongan kerja
lowongan kerja GRAINS & DOUGH RESTAURANT, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Masuk SMK Dapat BMW

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (10/6/2017). Esai ini karya Sriyanto Danoesiswoyo, guru di SMKN 3 Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah sriyanto_ds@yahoo.co.id Solopos.com, SOLO —┬áTahun pelajaran 2016/ 2017 segera berakhir dan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem…