Selasa, 17 November 2009 13:15 WIB News Share :

Tak nyalakan lampu siang hari kena denda Rp 100.000


Jakarta–
Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menetapkan peraturan bagi pengguna motor untuk tetap menyalakan lampu di siang hari. Jika tidak, biker akan dikenakan denda sebesar Rp 100.000.

“Adanya kewajiban untuk menyalakan lampu pada siang hari agar pengguna kendaraan lebih berhati-hati juga untuk keselamatan berkendara,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Condro Kirono kepada wartawan.

Hal itu diungkapkan Condro seusai membuka acara Sosialisasi UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di kantor Gubernur DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Utara, Selasa (17/11). Acara tersebut dihadiri oleh pejabat dari Departemen Perhubungan, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Departemen PU dan elemen masyarakat.

Adapun tujuan dituangkannya pertauran tersebut, kata Condro, adalah untuk menghindari kecelakaan lalu lintas yang banyak menimpa biker. Selama ini, biker sering kali menggunakan pola zig-zag saat berkendara.

“Biasanya suka menyalip-nyalip. Nah ini yang berbahaya,” jelasnya.

Dengan adanya peraturan tersebut, diharapkan angka kecelakaan terhadap biker menurun. Dengan tetap menyalakan lampu, pengendara mobil dapat melihat biker saat menyalip.

Aturan menyalakan lampu di siang hari untuk motor itu tertuang dalam Pasal 107 (2) UU No 22/2009 yang berbunyi Pengendara sepeda motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Untuk ketentuan pidananya tertuang dalam Pasal 293 ayat (2) di mana setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari dipidana dengan kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…