News
Selasa, 17 November 2009 - 15:30 WIB

Puncak hujan meteor Leonid akan terjadi subuh esok

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Anda pastinya tak ingin melewatkan peristiwa ini: hujan meteor Leonid malam nanti dan mencapai puncaknya subuh esok. Dijamin, Anda akan puas menyaksikannya.

Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika LAPAN Bandung Thomas Djamaluddin mengatakan, hujan meteor Leonid terjadi karena Bumi melalui sisa-sisa debu komet tumpele-tuttle. Puncak hujan meteor dapat dinikmati Rabu 18 November antara pukul 03.00 WIB – 04.00 WIB.

Advertisement

“Kita bisa menikmati antara 100-500 meteor per jam pada waktu menjelang subuh nanti,” kata Thomas, Selasa (17/11).

Namun Anda semua sebaiknya berharap agar cuaca langit malam dan subuh esok cerah. Sebab hujan meteor tidak akan bisa dinikmati jika langit mendung.

“Kalau langit mendung, ya tidak akan terlihat. Kebetulan malam ini bulan juga masih baru, jadi hujan meteor akan lebih mudah dinikmati,” kata Thomas.

Advertisement

Thomas mengatakan, hujan meteor Leonid ini akan terulang setiap setahun sekali. “Tapi untuk 2009 ini termasuk hujan meteor yang bagus karena cukup banyak meteor yang akan lalu lalang,” katanya.

Lalu adakah tips khusus untuk menikmati hujan meteor kali ini? Menurut Thomas, untuk menikmatinya tidak diperlukan alat khusus. Penggunaan alat malah akan mengganggu pandangan mata kita.

“Hujan meteor ini akan terjadi di hampir setiap penjuru langit, jadi pakai alat akan mengganggu. Lebih bagus pakai mata telanjang,” kata Thomas.

Advertisement

Selain itu, ada baiknya jika kita menonton sambil dalam posisi tiduran. “Dengan rebahan, mata akan lebih mudah melihat ke seluruh langit. Bisa pakai tikar atau kursi malas yang bisa ditidurkan,” ujarnya.

dtc/isw

Advertisement
Kata Kunci : Hujan Meteor Leonid
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif