Selasa, 17 November 2009 09:02 WIB News,Ekonomi Share :

Penyalahgunaan pita cukai kerugian negara capai Rp 1,3 miliar

Jakarta–Direktorat Penindakan dan Penyidikan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bersama KPPBC Madya Merak menemukan penyalahgunaan pita cukai yang diduga melibatkan delapan perusahaan rokok.

Menurut siaran pers dari Ditjen Bea Cukai, Selasa (17/11), pada tanggal 7 November 2009 pihaknya telah melakukan penindakan atas sebuah kendaraan yang membawa muatan di antaranya adalah hasil tembakau yang dilekati dengan pita cukai yang bukan haknya (salah personalisasi) dan pita cukai yang bukan peruntukannya (salah peruntukan).

Hasil tembakau tersebut berasal dari Jawa Timur yang akan dibawa ke Pulau Sumatera. Dari penindakan tersebut didapat barang hasil penindakan berupa 301.551 bungkus yang setara dengan 4.824.816 batang dan pelanggaran ini diduga melibatkan 3 perusahaan rokok sebagai produses dan 5 perusahaan rokok yang menjual pita cukainya.

Kerugian negara atas pelanggaran tersebut diperkirakan Rp 1,13 miliar. Hingga saat ini masih dilakukan pengembangan penyelidikan atas pelanggaran tersebut dan tindakan lain sesuai dengan ketentuan di bidang cukai.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…