News
Selasa, 17 November 2009 - 09:30 WIB

Jual beli saham 10% divestasi Newmont rampung

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Transaksi jual beli saham 10 persen saham divestasi Newmont tahun 2006 dan 2007 akhirnya telah selesai dilakukan. PT Multi Daerah Bersaing melalui PT Bumi Resources telah benar-benar mentransfer ke rekening pemegang saham asing PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT), yaitu Newmont Indonesia Limited dan Nusa Tenggara Mining Corp (NTMC).

Pengiriman tersebut dilakukan dari Bank Mandiri cabang Singapura ke Citibank cabang New york dan Sumitomo Mitsui Banking Coorporation di Jepang.

Advertisement

“Transaksi jual beli saham 10 persen saham divestasi Newmont tahun 2006 dan 2007 telah dilakukan,” ujar juru bicara PT Newmont Pasific Nusantara, Rubi Newmont, Selasa (17/11).

Rubi menyatakan, dengan selesainya transaksi tersebut, berarti PT Multi Daerah Bersaing telah resmi menjadi pemegang saham di PT NNT.

Advertisement

Rubi menyatakan, dengan selesainya transaksi tersebut, berarti PT Multi Daerah Bersaing telah resmi menjadi pemegang saham di PT NNT.

“PTNNT menyambut baik PT Multi Daerah Bersaing sebagai pemegang saham dan mitra yg baru tambang tembaga dan emas Batu Hijau,” jelasnya.

Ia berharap kerjasama yang baik dapat terbina sehingga dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Advertisement

Sebelumnya, Direktur Utama PT Newmont Pasific Nusantara, Martiono Hadianto menyatakan, Multicapital Daerah Bersaing (MDB) telah mentranfer uang sebesar US$ 391 juta kepada pemegang saham asing di PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) untuk pembayaran 10 persen saham divestasi Newmont. Ia mengaku, pada pukul 15,05 WIB kemarin, pihaknya telah menerima fax yang menjadi bukti bahwa pihak MDB sudah membayar 10 persen divestasi saham Newmont.

“Fax bukti sudah tranfer jam 15.05 WIB tadi sudah saya terima. Itu jam 3 pagi waktu New York. Jadi kita akan tahu, apakah masuk atau tidak nanti malam jam 21.00 wib karena di sana jam 9 pagi kita baru tahu dana itu ada di rekening kita,” paparnya di hotel JW Marriot, kemarin.

Jika memang uang tersebut sudah masuk ke Newmont dan semua proses berjalan dengan lancar, Martiono menambahkan, maka besok (hari ini)proses transfer saham bisa dilaksanakan dan proses jual beli selesai.

Advertisement

“Posisi kita adalah sama dengan posisi dalam Sales Purchase Agreement (SPA) yang sudah kita tandatangani bahwa yang namanya transaksi terjadi apabila dananya sudah masuk ke rekening kita,” ungkapnya.

Namun jika pada pukul 21.00 WIB tersebut, dana tersebut tidak masuk, lanjut Martiono, maka Newmont akan memberikan denda kepada MDB. Dendanya yaitu sebesar 18 persen per tahun dari nilai 10 persen saham tersebut sebesar US$ 391 juta.

“Jadi dendanya sebesar 18 persen per tahun dan itu di bagi per hari (365 hari) selama ia belum membayar,” jelasnya.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : PT Bumi Saham Newmont
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif