Selasa, 17 November 2009 20:08 WIB News Share :

Jembatan Jawa-Sumatera segera dibangun

Jakarta–Pemerintah segera membangun jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera. Keputusan tersebut berdasar pertimbangan pengalaman pemerintah selama ini.

“Banyak pertimbangannya. Mengapa jembatan? dari segi teknologi sudah lebih mapan, perkembangan lebih cepat dari terowongan, bisa memanfaatkan pengalaman,” jelas Chairman BPPT Marzan A Iskandar di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (17/11).

Marzan memberi contoh yaitu berupa keberhasilan pemerintah dalam membangun jembatan Suramadu dan Batam. “Membangun jembatan di Suramadu dan Batam yang bisa dimanfaatkan untuk pengalaman. Selain itu dengan adanya jembatan bisa jadi landmark , kalau terowongan nggak bisa kelihatan,”ujar Marzan.

Mengenai jalur jembatan tersebut apakah akan berbelok via pulau-pulau kecil atau langsung Jawa-Sumatera, Marzan mengatakan hal itu masih dalam kajian. “Nanti akan dikaji lagi mengenai jalur, dari dulu kecenderungan membangun jembatan. Studinya dari tahun 60-an dan mengarah ke jembatan,” ujar Marzan.

Menurut Marzan, pihak Bappenas telah memasukkannya dalam skala prioritas dan sebagai proyek potensial. “Yang saya ketahui sudah ada SK Kepala Bappenas, kegiatan rencana pembangunan penghubung Selat Sunda sebagai proyek potensial,” tegas Marzan.

Sementara Wakil Menteri Perhubungan Hermanto Dardak menyatakan hal serupa untuk sambungan antara pulau Jawa dan Sumatera ini yang paling cocok adalah jembatan. Jika terowongan itu ada, risiko kebakaran dan hanya bisa dilalui oleh satu kereta. “Kalau terowongan hanya bisa satu jalur kereta, jika diperlebar maka akan berisiko terhadap gempa,” ujar Hermanto.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…