Selasa, 17 November 2009 20:10 WIB Sport Share :

Indonesia kalahkan Hong Kong 4-1

Bandung–Timnas Indonesia U-19 sukses meraih target meraih peringkat ketiga Grup F pada penyisihan Piala Asia U-19 setelah mengalahkan Hongkong 4-1 (2-1) di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (17/11).

Pasukan ‘Garuda Cilik’ tampil luar biasa dan langsung menggebrak sejak kick off. Bahkan striker yang juga kapten Timnas U-19 Indonesia, Syamsir Alam, mencetak gol tercepat pada penyisihan grup F pada saat pertandingan baru berjalan 18 detik. Syamsir juga mencetak gol keduanya pada menit ke-36 melalui proses yang tak kalah cantiknya dengan gol pertamanya.

Kemenangan tim “Merah Putih” digenapkan oleh Abdul Rachman Lesyaluhu menit ke-52 yang menyelesaikan umpan Ferdiansyah di menit ke-88 babak kedua setelah melakukan solo run.

Hongkong sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-5 melalui gol Lau Cheuk Hin, namun selanjutnya tim asuhan  Cesar Payovich tak terbendung.

Berbeda dengan penampilan sebelumnya, Payovich menempatkan Syamsir Alam di belakang Alan Martha dan Abdul Rachman. Hasilnya sebanding, dua gol dilesakkan oleh pemain bernomor punggung 10 itu sehingga total mengemas empat gol pada sepanjang penyisihan grup F.

Seperti halnya saat menahan imbang Australia 0-0, pergerakan Timnas Indonesia itu tetap lugas dan disiplin melakukan pengawalan pemain lawan. Syamsir dkk sebenarnya bisa menang lebih dari empat gol, namun tiga peluang emas lainnya gagal membuahkan gol.

Koordinasi rapi juga diperlihatkan sektor pertahanan “Merah Putih” yang dikoordinir Ferry Firmansyah dan Ferdiansyah yang cukup disiplin mengawal Lam Hok Hei dkk. Selain itu, kiper Tri Windu Anggono juga tampil gemilang dengan menggagalkan beberapa peluang emas Hong terutama pada babak kedua.
 
Setelah unggul 3-1, Payovich menarik Alan Martha dengan memasukan  Yandi Sofyan Munawar. Di pengujung babak kedua, Abdul Rachman menggenapkan kemenangan Timnas Indonesia 4-1 melalui golnya menit ke-88.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit Fan Qi kedudukan tetap 1-4 untuk kemenangan Indonesia. Dua kartu kuning diberikan kepada Iu Wai (Hongkong) dan Yericho Christiantoko (Indonesia).

Susunan pemain:

Hongkong: Tsang Man Fai (kiper), Iu Wai, Tam Lok Hin, Hiu Jing Yip, Li Shu Yeung, Lo Kong Wai, Lau cheuk Hin/ Fong Fak Lun, Lam Hok Hei, Fung Hing Wa, Chan Cham Hi/ Chan Shiu Kwan, Wong Wai.

Indonesia: Tri Windu Anggono (kiper), Taji Prasetyo, Yericho Chritiantoko/ Sedek Sanaki, Ferry Firmansyah,Ferdiansyah, Abdul Rachman Lestaluhu, Syamsir Alam/Ridwan Awaludin, Alan Martha/ Yandi Sofyan,  Moch Zaenal, Rizky Ahmad Sanjaya, Alfin Ismail Tuasalamoni.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…