Selasa, 17 November 2009 11:05 WIB Haji,Internasional Share :

Calhaj meninggal capai 59 orang jelang 10 hari pelaksanaan wukuf

Jakarta–Di hari ke-26 kedatangan jamaah calon haji atau 10 hari menjelang Wukuf di Arafah, jamaah yang meninggal dunia di Arab Saudi mencapai 59 orang. Di antaranya 34 orang di Makkah, 20 orang di Madinah, 3 orang di Jeddah dan 2 orang ketika perjalanan.

Dari data Siskohat Departemen Agama yang tercatat, Senin (16/11) malam ini, jamaah yang wafat hari ini adalah usman Laha bin Laha Uda dari Kloter 17 Ujungpandang, Watini binti Muhammad Judi dari Kloter 54 Solo, Alunah binti H Muhammad Nur dari Kloter 13 Palembang.

Sebelumnya, pada Minggu (15/11) kemarin tercatat jamaah yang wafat sekitar ada 7 orang di Makkah. Semua jamaah yang meninggal dunia ini telah dimakamkan di Pemakaman Ma’la, Makkah.

Dari 59 orang jamaah yang wafat ini, 32 orang di antaranya jamaah pria da 27 orang merupakan jamaah wanita yang berusia antar 40 tahun hingga lebih 60 tahun. 13 orang meninggal dunia di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI), 18 orang di Rumah Sakit Arab Saudi, 10 orang meninggal di pemondokan, 8 orang meninggal dalam perjalanan, 5 orang meninggal di bandara, 1 orang meninggal di pesawat, 1 orang di Sektor BPHI dan 3 orang meninggal di masjid.

Jamaah yang meninggal dunia ini rata-rata karena penyakit sistem sirkulasi, sekitar 46 orang. 11 orang diakibatkan penyakit pernafasan dan sisanya masing-masing satu kasus akibat penyakit infeksi dan parasit serta sistem genitourinaty.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…