News
Selasa, 17 November 2009 - 15:03 WIB

AS-China sepakat hadapi ancaman nuklir Iran

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - lagabola.com


Beijing–
Amerika Serikat dan Iran terus berseteru mengenai program nuklir Iran. Presiden AS Barack Obama bahkan menegaskan akan ada konsekuensi jika pemerintah Teheran tidak memperlihatkan bahwa program nuklir Iran “damai dan transparan.”

Hal itu disampaikan Obama usai pertemuan dengan Presiden China Hu Jintao di Beijing seperti dilansir harian Straits Times, Selasa (17/11).

Advertisement

Dikatakan Obama, AS dan China akan bekerja sama untuk menghadapi ancaman senjata nuklir Iran. Menurut Obama, anggota-anggota Dewan Keamanan PBB bersatu mengenai mengenai hal itu.

Pemerintah AS dan negara-negara Barat lainnya telah lama menuding Iran diam-diam sedang mengembangkan senjata atom lewat program nuklirnya. Namun pemerintah Iran berulang kali menegaskan bahwa program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai yakni sebagai pembangkit energi.

Obama menuturkan, dirinya dan Hu juga membahas tujuan bersama mereka untuk menghentikan penyebaran senjata nuklir dan penghapusan program senjata nuklir Korea Utara (Korut).

Advertisement

Menurut Obama, pemerintah Korut punya pilihan antara keterlibatan dan isolasi. Dikatakan pemimpin negeri adikuasa itu, rakyat Korut akan diuntungkan jika pemerintah Korut menuruti desakan internasional atas program nuklirnya.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : AS China Nuklir Iran
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif