lagabola.com
Selasa, 17 November 2009 15:03 WIB News Share :

AS-China sepakat hadapi ancaman nuklir Iran


Beijing–
Amerika Serikat dan Iran terus berseteru mengenai program nuklir Iran. Presiden AS Barack Obama bahkan menegaskan akan ada konsekuensi jika pemerintah Teheran tidak memperlihatkan bahwa program nuklir Iran “damai dan transparan.”

Hal itu disampaikan Obama usai pertemuan dengan Presiden China Hu Jintao di Beijing seperti dilansir harian Straits Times, Selasa (17/11).

Dikatakan Obama, AS dan China akan bekerja sama untuk menghadapi ancaman senjata nuklir Iran. Menurut Obama, anggota-anggota Dewan Keamanan PBB bersatu mengenai mengenai hal itu.

Pemerintah AS dan negara-negara Barat lainnya telah lama menuding Iran diam-diam sedang mengembangkan senjata atom lewat program nuklirnya. Namun pemerintah Iran berulang kali menegaskan bahwa program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai yakni sebagai pembangkit energi.

Obama menuturkan, dirinya dan Hu juga membahas tujuan bersama mereka untuk menghentikan penyebaran senjata nuklir dan penghapusan program senjata nuklir Korea Utara (Korut).

Menurut Obama, pemerintah Korut punya pilihan antara keterlibatan dan isolasi. Dikatakan pemimpin negeri adikuasa itu, rakyat Korut akan diuntungkan jika pemerintah Korut menuruti desakan internasional atas program nuklirnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…