Selasa, 17 November 2009 16:04 WIB Internasional Share :

17 Juta keluarga di AS kelaparan


Washington–
Departemen Pertanian AS merilis angka suram mengenai kondisi kelaparan di negeri adikuasa itu. Data menunjukkan sekitar 17 juta keluarga AS kesulitan memberikan pangan untuk anggota keluarga mereka.

Selama tahun 2008, keluarga-keluarga di 17 juta rumah tangga atau 14,6 persen rumah di AS, mengalami kesulitan menghidangkan cukup makanan pada beberapa waktu selama tahun tersebut.

Demikian menurut laporan tahunan “Keamanan Pangan Rumah Tangga” atau “Household Food Security” seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/11). Hal Ini berarti meningkat 11 persen dibandingkan tahun 2007.

Angka tersebut “mencerminkan level tertinggi yang diamati sejak survei keamanan pangan nasional dimulai tahun 1995,” demikian pernyataan Departemen Pertanian AS.

“Penyebab mendasar ketidakamanan pangan dan kelaparan di AS adalah kemiskinan, yang ditandai dengan kurangnya sumber daya memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, tempat berlindung dan layanan kesehatan,”.

Presiden AS Barack Obama menyebut laporan tersebut sebagai “mengguncang”. “Tugas pertama untuk mengubah trend meningkatnya kelaparan adalah memulihkan pertumbuhan lapangan kerja, yang akan membantu meringankan tekanan ekonomi yang membuat para orangtua sulit menghidangkan cukup makanan setiap hari,” tandas Obama.

dtc/isw

lowongan kerja
lowongan kerja PT. Utama Sinergi Persad, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Guru Sejarah Melawan Intoleransi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (11/7/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (8/7) lalu alumnus angkatan 1985 Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta…