Senin, 16 November 2009 11:55 WIB Internasional Share :

Mantan wakil menteri Iran ditahan Israel


Teheran–
Mantan wakil menteri pertahanan Iran diculik oleh agen-agen Israel dan saat ini masih dipenjara di Israel. Sebelumnya dia diketahui menghilang selama hampir tiga tahun.

Ali Reza Asgari, jenderal purnawirawan yang bekerja di Garda Revolusioner Iran, menghilang saat dalam perjalanan menuju Turki pada Desember 2006. Pada Maret lalu, mantan pejabat Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan, Asgari telah membelot dan memberikan informasi berharga kepada negara Barat mengenai program nuklir Iran.

Pejabat-pejabat Iran dan keluarga Asgari telah lama mengklaim bahwa pria itu diculik. Demikian seperti dilansir harian News.com.au, Senin (16/11).

Menurut sebuah situs Iran, Alef, badan intelijen Jerman dan Inggris membantu agen-agen Israel dalam menculik Asgari dan membawanya ke Israel. Situs tersebut dekat dengan seorang anggota parlemen konservatif Iran.

“Berdasarkan investigasi selama dua tahun yang dilakukan badan-badan terkait, Asgari diculik oleh badan-badan intelijen asing dan saat ini sedang ditahan di penjara Zionis,” demikian dilaporkan situs tersebut.

“Asgari diculik dengan kerja sama antara Mossad serta badan-badan intelijen Jerman dan Inggris dan pada akhirnya telah dibawa ke Israel,” demikian menurut Alef.

Kementerian Luar Negeri Israel menolak berkomentar mengenai hal tersebut. Pejabat-pejabat Iran telah lama menyatakan, Asgari tidak terkait program nuklir Iran. Namun media-media Barat melaporkan, Asgari telah bekerja sama dengan intelijen AS dan dianggap sebagai pembelot “bernilai tinggi”.

dtc/isw

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Industri Kreatif dan Daya Saing Bangsa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (28/6/2017). Esai ini karya Indra Tranggono, seorang pengamat budaya yang tinggal di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah indra.tranggono23@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Industri kreatif bangsa Indonesia terus bergerak menjadi kekuatan budaya yang mampu…