News
Senin, 16 November 2009 - 11:55 WIB

Mantan wakil menteri Iran ditahan Israel

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Teheran–
Mantan wakil menteri pertahanan Iran diculik oleh agen-agen Israel dan saat ini masih dipenjara di Israel. Sebelumnya dia diketahui menghilang selama hampir tiga tahun.

Ali Reza Asgari, jenderal purnawirawan yang bekerja di Garda Revolusioner Iran, menghilang saat dalam perjalanan menuju Turki pada Desember 2006. Pada Maret lalu, mantan pejabat Kementerian Pertahanan Jerman mengatakan, Asgari telah membelot dan memberikan informasi berharga kepada negara Barat mengenai program nuklir Iran.

Advertisement

Pejabat-pejabat Iran dan keluarga Asgari telah lama mengklaim bahwa pria itu diculik. Demikian seperti dilansir harian News.com.au, Senin (16/11).

Menurut sebuah situs Iran, Alef, badan intelijen Jerman dan Inggris membantu agen-agen Israel dalam menculik Asgari dan membawanya ke Israel. Situs tersebut dekat dengan seorang anggota parlemen konservatif Iran.

“Berdasarkan investigasi selama dua tahun yang dilakukan badan-badan terkait, Asgari diculik oleh badan-badan intelijen asing dan saat ini sedang ditahan di penjara Zionis,” demikian dilaporkan situs tersebut.

Advertisement

“Asgari diculik dengan kerja sama antara Mossad serta badan-badan intelijen Jerman dan Inggris dan pada akhirnya telah dibawa ke Israel,” demikian menurut Alef.

Kementerian Luar Negeri Israel menolak berkomentar mengenai hal tersebut. Pejabat-pejabat Iran telah lama menyatakan, Asgari tidak terkait program nuklir Iran. Namun media-media Barat melaporkan, Asgari telah bekerja sama dengan intelijen AS dan dianggap sebagai pembelot “bernilai tinggi”.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif