Senin, 16 November 2009 12:30 WIB News Share :

Bandara Ngurah Rai targetkan 20 juta penumpang per tahun

Denpasar–Bandara Internasional Ngurah Rai bakal memperluas terminalnya. Hal ini untuk mewujudkan target jumlah penumpang sebanyak 20 juta per tahun.

Jumlah penumpang dari wisatawan mancanegara dan domestik ke bandara Ngurah Rai yang menjadi pintu utama ke Indonesia tertinggi sebanyak 9 juta per tahun. Komposisinya terdiri dari sebanyak 45 persen penumpang domestik dan 55 persen penumpang mancanegara.

Belum maksimalnya jumlah kunjungan penumpang karena luas terminal bandara ini yang tidak memadai. Bahkan, jumlah penumpang telah melebihi kapasitas terminal yang ada.

Terminal domestik seluas 15 ribu meterpersegi. Terminal ini hanya mampu menampung sebanyak 1,5 juta penumpang sedangkan jumlah penumpang yang dilayani sebanyak 4,5 juta per tahun.

Terminal domestik yang akan dirubah menjadi internasional akan diperluas menjadi 120 meter persegi. “Dengan diperluasnya terminal tersebut maka terminal Bandara Ngurah Rai akan mampu menampung penumpang sebanyak 20 juta per tahun,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Heru Legowo di kantornya di Bandara Ngurah Rai, Senin (16/11/2009).

Pembangunan ini bakal dilakukan mulai awal tahun 2010. Rencananya pembangunan yang akan selesai dalam waktu 30 bulan menelan dana sebanyak Rp 1,6 triliun.

“Kita berharap perluasan bandara dibarengi dengan pembangunan infrastuktur jalan di sekitar bandara sehingga tidak terjadi kemacetan,” kata Heru.

dtc/isw

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…