Senin, 16 November 2009 10:20 WIB Haji,Internasional Share :

Ambulance terbalik, satu Calhaj tewas

Mekkah–Sebuah mobil ambulance terbalik dalam perjalanannya dari Mekah ke Madinah, Minggu (15/11). Akibatnya, seorang jamaah calon haji (Calhaj) asal Indonesia tewas dan 6 orang lainnya luka-luka.

Kecelakaan mobil Ambulance milik Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) ini dibenarkan dr Hasto Nugroho dari BPHI Jeddah yang dihubungi wartawan Media Center Haji, Minggu (15/11) malam.

Seorang jamaah calon haji yang tewas tersebut bernama La-Ruma bin Kante asal Maluku Utara dari Kloter 17 Ujung Pandang. La Ruma merupakan pasien jamaah calhaj yang dirawat di BPHI Madinah, karena mengidap penyakit paru-paru.

Semetara itu, korban selamat yang mengalami luka-luka patah tulang, yaitu dr Dedy Novizar, perawat Musriatun, pengemudi ambulan Ahmad Ibrahim. Sisanya, tiga pasien yang sama-sama berada di dalam ambulan adalah tiga calhaj bernama Murtamat asal Trenggalek, Jawa Timur dengan Kloter 41 Surabaya, Misinah asal Trenggalek, Jawa Timur dengan Kloter 41 Surabaya dan Basirun asal Nganjuk, Jawa Timur dengan Kloter 32 Surbaya.

Ambulance tersebut pada mulanya akan membawa keempat pasien yang akan dirujuk ke sebuah rumah sakit di Makkah. Akan tetapi menjelang wilayah Taneem pada sore hari, ambulan mengalami kecelakaan dan terbalik.

Hasto menambahkan, para korban langsung dievakuasi ke RS Al Jawaz yang berada di jalan raya antara Jeddah dan Makkah setelah kecelakaan terjadi.

Akibat kecelakaan tersebut, jumlah calon haji yang meninggal bertambah menjadi 49 orang. Kebanyakan calon haji meniggal disebabkan mengidap penyakit jantung (cardiac arrest), sesak nafas (respiratory arrest) dan pendarahan otak (stroke haemorhage).

dtc/isw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI & KEUANGAN BISNIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…