Minggu, 15 November 2009 19:39 WIB Internasional Share :

KTT APEC 2009 luncurkan 10 program

Singapura–Konferensi Tingkat Tinggi para pemimpin negara-negara APEC menghasilkan 10 program utama. Deklarasi program-program ini telah ditandatangani siang tadi di Singapura.

Demikian hasil KTT APEC 2009 yang diikuti 21 negara di Retreat Session Istana Singapura Minggu (15/11).

KTT APEC kali ini terutama menekankan pembahasan seputar pembentukan kawasan perdagangan bebas se Asia Pasifik (Free Trade Area on the Asia-Pacific/FTAAP), terutama terkait aspek-aspek yang harus dipersiapkan. Pertemuan ini menghasilkan deklarasi 10 program.

Program pertama, APEC akan mendukung pertumbuhan seimbang antar negara di kawasan tersebut. Program kedua, mendorong pertumbuhan ekonomi yang bersifat inklusif antar anggota.

Program ketiga meliputi upaya-upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di antara negara-negara di kawasan tersebut. Program keempat, menolak dengan tegas segala bentuk proteksionisme perdagangan. Program kelima, mendorong terjadinya sistem perdagangan multilateral.

Program keenam, mempercepat terjadinya integrasi ekonomi regional Asia Pasifik. Program ketujuh, memperkuat koordinasi teknis dan ekonomi antar negara-negara se Asia Pasifik.

Program kedelapan, menjamin keamanan penduduk di setiap negara di kawasan tersebut baik dari bencana maupun sebab-sebab lainnya. Program kesembilan, APEC mendorong perlawanan terhadap korupsi, membentuk pemerintahan yang luwes dan transparan. Program kesepuluh, melakukan upaya-upaya revitalisasi atas ketahanan negara-negara APEC.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…