Minggu, 15 November 2009 01:31 WIB Klaten Share :

70% komite SD di Polanharjo tidak berfungsi


Klaten (Espos)–
Sebanyak 70% dari 28 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyyah (MI) di Kecamatan Polanharjo, Klaten, dinilai tidak menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Demikian dikemukakan Koordinator Pengawas Taman Kanak-kanak (TK) dan SD Kecamatan Polanharjo, Sartono SPd saat ditemui Espos di sela-sela acara Workshop Managemen Berbasis Sekolah (MBS) di Balai Desa Karanglo, Sabtu (14/11).

Menurut Sartono, tingginya jumlah komite sekolah yang belum bisa berperan sebagaimana mestinya itu disebabkan latar belakang masing-masing komite sekolah. Dikatakannya, komite sekolah yang notabene bagian dari komponen masyarakat pedesaan kurang mempunyai inisiatif untuk memajukan sekolah seperti halnya masyarakat perkotaan.

“Mereka (komite sekolah-red) biasanya cenderung menuruti apa yang menjadi kemauan kepala sekolah. Padahal, mereka juga bagian dari perangkat yang mempunyai peranan penting dalam memajukan pendidikan di sekolah,” papar Sartono.

Dijelaskanya, pendidikan di sekolah bukan hanya menjadi tanggung jawab guru dan kepala sekolah. Sartono menilai, tanpa didukung kepedulian dari keluarga dan masyarakat niscaya keberhasilan pendidikan di sekolah tidak akan terwujud.

m82

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….