Sabtu, 14 November 2009 18:45 WIB News Share :

Puluhan rumah di Kendal rusak diterjang puting beliung


Kendal–
Sedikitnya 70 rumah milik warga Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, rusak akibat diterjang angin puting beliung dan hujan deras, Jumat (13/11) malam.

Angin puting beliung itu juga mengakibatkan rumah milik Abdul Malik (34) dan Abu Hari (34) warga Karangsari, RT 2/1V dan milik Kendal roboh. Puluhan rumah yang diterpa angin itu saat ini kondisinya miring, dan saat kejadian genting rumah beterbangan diterpa angin.

Salah seorang korban angin puting beliung, Abdul Malik mengatakan, ketika angin puting beliung datang, dia bersama keluarganya sedang duduk-duduk di beranda rumah, tiba-tiba angin besar dari laut menggumpal menerjang rumahnya hingga roboh. Anak beserta istrinya yang saat itu berada di rumah langsung ke luar untuk menghindar.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja kami mengalami kerugian materi sekitar Rp10 juta,” katanya.

Rumah yang terbuat dari anyaman bambu itu berada di dekat pantai utara Kendal. Hingga kini keluarganya masih tinggal di rumah tetangga dekat yang tak jauh di rumahnya.

Lurah Karangsari Kecamatan Kendal, Sambas Rayadi mengatakan, akibat rusaknya 70 rumah di desanya itu, warga mengalami kerugian sekitar Rp50 juta. Menurutnya, rumah yang rusak dalam kondisi ringan diperbaiki dengan cara kerja bakti warga. Sementara dua rumah yang roboh dimintakan bantuan dari pemerintah setempat.

“Kami sudah mengamankan korban untuk sementara tinggal di rumah warga,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini warga yang terkena musibah membutuhkan bantuan sembako dan uang untuk membangun kembali rumahnya.

Ia menambahkan, dirinya juga sudah mengimbau kepada warga setempat untuk berlindung ke rumah tetangga yang sekiranya aman apabila terjadi lagi hujan deras dan angin kencang.

“Kami sudah bicara kepada masyarakat agar selalu bisa menjaga keselamatan diri terlebih dahulu dari pada rumahnya,” katanya.

Sekitar 50 rumah rusak akibat angin kencang juga terjadi di Desa Bulak Kecamatan Rowosari Kendal saat hujan deras kemarin. Puluhan rumah gentengnya mengalami kerusakan akibat diterpa angin kencang.

ant/isw

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…