News
Jumat, 13 November 2009 - 17:47 WIB

Indonesia- Singapura sepakat 2010 peringati 60 tahun

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Singapura–Pemerintah RI dan Cina sepakat untuk menandai 2010 sebagai peringatan 60 tahun hubungan dua negara. Berbagai kegiatan dan agenda saling kunjung akan berlangsung pada waktu itu.

Kesepakatan ini merupakan salah satu hasil pembicaraan empat mata antara Presiden SBY dengan Presiden Hu Jin Tao. Pembicaraan berlangsung di sela gelaran KTT APEC 2009 di Singapura, Jumat (13/11).

Advertisement

“Dua pemimpin sepakat tandai tahun depan sebagai 60 tahun hubungan Cina-Indonesia dan akan jatuh 13 April 2010,” papar Jubir Kepresidenan Dinno Patti Djalal.

Terkait dengan itu, menurutnya Presiden Hu Jin Tao menyatakan Cina bersedia menggala kemitraan strategis dengan Indonesia yang selama ini telah dijalin. Pejabat teknis dua negara kini tengah menyusun draft dan counter draft tentang rencana aksi ke depan yang intinya adalah mendekatkan hubungan politik, tingkatkan saling percaya dan tingkatkan koordinasi baik dalam isu multilateral dan regional.

Lebih lanjut, Dinno menyatakan, dalam pertemuan sore ini Presiden SBY menyatakan rasa terimakasihnya atas bantuan Cina dalam pembangunan jembatan Suramadu. Presiden mengundang Cina untuk lebih terlibat di berbagai proyek infrastuktur lain di seluruh tanah air.

Advertisement

“Perdagangan dua negara pada 2008 telah melampaui USD 300 milyar, jadi memang amat besar dan potensinya juga masih amat luas,” sambung dia.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Indonesia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif