Jumat, 13 November 2009 17:47 WIB Internasional Share :

Indonesia- Singapura sepakat 2010 peringati 60 tahun

Singapura–Pemerintah RI dan Cina sepakat untuk menandai 2010 sebagai peringatan 60 tahun hubungan dua negara. Berbagai kegiatan dan agenda saling kunjung akan berlangsung pada waktu itu.

Kesepakatan ini merupakan salah satu hasil pembicaraan empat mata antara Presiden SBY dengan Presiden Hu Jin Tao. Pembicaraan berlangsung di sela gelaran KTT APEC 2009 di Singapura, Jumat (13/11).

“Dua pemimpin sepakat tandai tahun depan sebagai 60 tahun hubungan Cina-Indonesia dan akan jatuh 13 April 2010,” papar Jubir Kepresidenan Dinno Patti Djalal.

Terkait dengan itu, menurutnya Presiden Hu Jin Tao menyatakan Cina bersedia menggala kemitraan strategis dengan Indonesia yang selama ini telah dijalin. Pejabat teknis dua negara kini tengah menyusun draft dan counter draft tentang rencana aksi ke depan yang intinya adalah mendekatkan hubungan politik, tingkatkan saling percaya dan tingkatkan koordinasi baik dalam isu multilateral dan regional.

Lebih lanjut, Dinno menyatakan, dalam pertemuan sore ini Presiden SBY menyatakan rasa terimakasihnya atas bantuan Cina dalam pembangunan jembatan Suramadu. Presiden mengundang Cina untuk lebih terlibat di berbagai proyek infrastuktur lain di seluruh tanah air.

“Perdagangan dua negara pada 2008 telah melampaui USD 300 milyar, jadi memang amat besar dan potensinya juga masih amat luas,” sambung dia.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…