Kamis, 12 November 2009 11:35 WIB News,Ekonomi Share :

Pertamina siapkan Capex 2010 senilai Rp 39 triliun

Jakarta–PT Pertamina mengalokasikan belanja modal atau Capital Expenditure (Capex) pada tahun depan sekitar Rp 39 triliun atau meningkat 56,4% dari capex tahun ini senilai Rp 22 triliun.

“Dari Capex Rp 39 triliun, mayoritas dialokasikan untuk kegiatan di sektor hulu,” ungkap Direktur Keuangan Pertamina Ferederick ST Siahaan di sela Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, (12/11).

Ferederick menyatakan peningkatan alokasi Capex tahun depan disebabkan ada beberapa proyek hulu sudah berjalan dan persiapan-persiapan untuk pembangunan kilang.

“Capex tersebut juga akan digunakan untuk akuisisi beberapa lapangan migas,” jelasnya.

Frederick menjelaskan untuk memenuhi kebutuhan Capex tersebut, Pertamina akan mencari pendanaan sebesar US$ 2,5 miliar. Pendanaan tersebut rencananya berasal dari penerbitan global bond US$ 1 miliar dan obligasi berdenominasi rupiah lebih dari Rp 1 triliun pada tahun depan.

“Sisanya kami cari pinjaman dari perbankan dalam negeri maupun luar negeri,” ungkapnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…