Kamis, 12 November 2009 20:56 WIB Pendidikan Share :

Kompetensi guru pascasertifikasi stagnan

Solo (Espos)–Guru pascasertifikasi dinilai tidak menunjukkan grafik peningkatan dalam segi kompetensi profesional.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei terhadap responden penelitian di mana 64,36% atau 2.362 guru terlihat masih stagnan alias tidak meningkat kompetensinya.

Penelitian tersebut mengambil sampel sejumlah 3.670 responden di lima kota di antaranya Jakarta dan Solo, di mana 2.360 atau 64,36% dinyatakan  tidak ada peningkatan dalam segi profesionalitas. Selain hal tersebut, Prof Dr Baedhowi Msi yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Manajemen Sumber Daya Manusia UNS, memaparkan hasil penelitian tersebut berdasarkan uji kompetensi guru dari segi kepribadian, sosial dan pedagogik (akademik kependidikan).

Dia mengatakan, peningkatan mutu pendidikan tergantung dari perbaikan perekrutan, pelatihan, status sosial dan kondisi kerja para guru. Dia menilai, guru membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang terus ditingkatkan mengingat perkembangan teknologi dan informasi.
“Ada dua hal yang saling berkaitan yaitu pemberian penghargaan atas kinerja guru dan kompetensi guru,” jelas dia seusai mengikuti sidang senat terbuka.

Dia mengatakan, menyikapi kinerja guru pascasertifikasi, berdasarkan persyaratan dalam undang-undang Nomor 14 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, pemerintah tetap memiliki komitmen untuk melaksanakan sertifikasi. Dia mengatakan, pemantauan dan evaluasi terhadap implementasi sertifikasi guru dilakukan dalam penilaian portofolio serta pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG).
das

lowongan kerja
lowongan personalia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…