Soloraya
Kamis, 12 November 2009 - 22:46 WIB

Disnakkan intensifkan pengawasan pasar hewan kurban

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Boyolali (Espos)–
Sedikitnya 10 pasar di wilayah Kabupaten Boyolali masuk dalam pengawasan secara intensif oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat menjelang perayaan Idul Adha tahun 2009 ini. Disnakkan juga bakal mengecek kondisi kesehatan hewan kurban di pasar-pasar tersebut.

“Yang jelas masalah kesehatan hewan-hewan kurban yang menjadi perhatian utama kami di samping kondisi lingkungan di sekitar pasar di mana hewan kurban tersebut diperdagangkan,” ujar Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Dwi Priyatmoko ketika ditemui Espos di Ruang Garuda Kantor Setda Boyolali, Kamis (12/11).

Advertisement

Sepuluh pasar yang masuk dalam pengawasan Disnakkan antara lain Pasar Boyolali, Pasar Ampel, Pasar Cepogo, Pasar Sawit, Pasar Karanggede, Pasar Simo, Pasar Mojosongo, Pasar Andong, Pasar Klego dan Pasar Ngemplak.

Menjelang hari H, Dwi menjelaskan pihaknya bakal menerjunkan personel untuk melakukan pemeriksaan fisik terhadap hewan kurban, antara lain dengan pengambilan sampel darah dan pemeriksaan anus.

Menurut Dwi, sejauh ini pihaknya belum menemukan permasalahan terkait kondisi kesehatan hewan kurban di sejumlah pasar yang menjadi daerah pantauannya. Sementara untuk pasar hewan dadakan yang biasanya marak bermunculan menjelang Idul Adha, Dwi menyebutkan di Boyolali jumlahnya tidak terlalu banyak. Pasalnya, para penjual hewan kurban mayoritas lebih memilih berjualan di pasar yang sudah ada.

Advertisement

sry

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Boyolali Disnakkan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif