Soloraya
Rabu, 11 November 2009 - 19:28 WIB

Walikota cek tanggul Semanggi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) Rabu (11/11) siang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) perbaikan tanggul Semanggi RW XXII, Pasar Kliwon, Solo.

Walikota didampingi Kepala DPU, Budi Yulistianto. “Pak Wali hanya mengecek saja tanggul Semanggi. Dan ternyata sudah mulai dikerjakan. Tidak ada instruksi khusus dari Walikota,” ujar Kepala DPU, Budi Yulistianto, saat dihubungi Espos melalui nomor ponselnya.

Advertisement

Di sisi lain, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo, Rabu siang melakukan pemeriksaan kondisi pipa-pipa instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di RW XXIII, Semanggi. Direktur Utama PDAM Solo, Singgih Tri Wibowo, saat dihubungi Espos mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti ada atau tidaknya kerusakan dalam instalasi air limbah itu.

“Ada kerusakan atau tidak, tapi karena sudah ada yang tangani, sudah dibongkar, untuk diperbaiki,” ujarnya.

Menurut dia pembongkaran tanggul oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan berlangsung beberapa hari mendatang. Keterlibatan DPU menurutnya karena PDAM tidak mempunyai kewenangan atau kemampuan untuk membongkar dan memperbaiki talut sungai. “Sekali lagi, kami berani membongkar tanggul, ada atau tidak kebocoran ya kami kerjakan,” tegasnya.

Advertisement

Sedangkan pengujian air rembesan dilakukan dengan melibatkan pihak Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Pengujian guna mengetahui apakah pipa pada badan tanggul Semanggi bocor atau tidak. Sebab sebelumnya, warga menyebut kebocoran pipa IPAL sebagai penyebab makin parahnya kerusakan tanggul. Pengujian kebocoran dilaksanakan dengan membubuhkan chlor pada jaringan pipa.
kur

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Semanggi Walikota
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif