News
Rabu, 11 November 2009 - 18:20 WIB

Sultan: DIY siap bangun bandara Internasional baru

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta– Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, DIY akan membangun bandara internasional baru pada kurun waktu sepuluh tahun ke depan.

“Lokasi bandara belum ditentukan, namun wilayah di Kabupaten
Kulonprogo dan Bantul menjadi daerah yang paling dimungkinkan untuk didirikan bandara baru tersebut,” katanya usai bertemu dengan beberapa pakar dari Mott MacDonald Praha, Cekoslovakia, di Yogyakarta, Rabu (11/11).

Advertisement

Ia mengatakan, Yogyakarta dibantu pemerintah Cekoslovakia sedang membuat studi tentang bandara internasional. Namun, detil rencana dan ekonominya belum disusun.

“Kami masih sebatas mengidentifikasi potensi di beberapa daerah. Pertemuan itu dilakukan untuk menjelaskan potensi beberapa daerah di DIY untuk dijadikan bandara,” katanya.

Menurut dia, di wilayah Kabupaten Kulonprogo ada tanah di pinggir laut yang landai,sedangkan di wilayah Bantul ada irigasi yang harus diselesaikan dan harus ditutup. “Kami belum memutuskan pilihan lokasinya di daerah mana,”katanya.

Advertisement

Ia mengatakan, ke depan akan dibahas juga pendekatan dengan beberapa pihak terkait, karena wilayah Yogyakarta dan Solo merupakan kawasan markas TNI Angkatan Udara (AU). “Yogyakarta-Solo areal TNI AU sehingga harus ada pendekatan dengan pihak terkait. Bandara Adisutjipto penuh pemukiman, nanti akan dijadikan khusus untuk TNI AU, sedangkan bandara baru untuk sipil,” katanya.

Menurut dia, sepuluh tahun ke depan program perencanaan pembangunan bandara internasional baru ditargetkan sudah selesai. “Dana untuk pembangunan bandara baru berasal dari pihak swasta seperti bandara internasional di Lombok. Konsorsium swasta yang akan mendanai,” katanya.

ant/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Bangun Bandara DIY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif